ANALISIS PEMASARAN KOMODITAS CABAI MERAH DI DESA SIDODADI RAMUNIA KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG

  • Noverlianus Zai Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Medan Area
  • Endang Sari Simanullang Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Medan Area
Kata Kunci: Cabai Merah, Efisiensi, Margin, Saluran, Pemasaran

Abstrak

Cabai merah merupakan tanaman hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Secara umum cabai merah dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, obat herbal, kosmetik, pewarna dan sebagai bahan industri. Cabai merah merupakan salah satu sentra yang berada di Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, dimana komoditas cabai merah ini banyak ditanam di daerah dataran rendah tersebut. Jika permintaan terhadap komoditas cabai merah meningkat maka akan menjadikan komoditas cabai merah sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Teknik budidaya yang baik dan tepat sangat diperlukan untuk memperoleh hasil produksi yang berkualitas. Produksi cabai merah akan meningkat apabila produsen cabai merah (petani) mempunyai keterampilan dalam membudidayakan cabai merah. Hal ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran cabai merah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif analitis. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin untuk sampel petani, sedangkan lembaga pemasaran menggunakan metode Snowball Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Sidodadi Ramunia terdapat 2 saluran pemasaran cabai merah, maka total margin pemasaran pada saluran I di tingkat pengecer sebesar Rp. 9.000/Kg dan total margin pemasaran pada saluran II sebesar Rp 13.000/Kg di tingkat pengepul dan pengecer. Efisiensi pemasaran cabai merah tergolong saluran pemasaran efisien karena kedua saluran mempunyai nilai efisiensi <50%. Namun saluran pemasaran yang lebih efisien terdapat pada saluran pemasaran cabai merah kedua.

##plugins.generic.paperbuzz.metrics##

##plugins.generic.paperbuzz.loading##

Unduh

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ariani, Putri F. 2006. Analisis Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan Minyak Goreng Kelapa (Studi Kasus pada PT. BARCO Jakarta). Jakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Badan Pusat Statistik Penduduk Usia Produktif.

Budiman VP, Nurhayati HSA, Arifin HS, Astawan M, Kaswanto RL. 2013. Optimalisasi Fungsi Pekarangan Melalui Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Prosiding Lokakarya Nasional dan Seminar FKPTPI, Bogor, 2-4

Bugis II, Marjuni S, Nur I, Fatmawati, Zulham. 2016. Analisis Marjin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran dan Keuntungan pada Tataniaga Cengkeh Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku (Studi Kasus di Desa Luhu. Jurnal Riset Edisi III Unibos Makassar. Vol. 2 (002) 2016: pp 1-14.

Fatmawati, Zulham. 2019. Analisis Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Petani Jagung (Zea Mays) di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Gorontalo Agriculture Technology Journal, Vol. 2(1) 2019: pp 19-29. DOI: https://doi.org/10.32662/gatj.v2i1.488

Hamdja FK, Nurrochmat DR, Yovi EY. 2015. Analisis Pemasaran Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Kenari di Pulau Makian Provinsi Maluku Utara. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan. Vol. 2 (1) 2015: pp 25-32. DOI: https://doi.org/10.20957/jkebijakan.v2i1.10388

Hasanah EU, Widowati, dan Puri. 2011. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja pada Industri Rumah Tangga Krecek di Kelurahan Segoroyoso. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 2 (2) 2011: pp 169-182.

Hia A, Nurmalina R, Rifin A. 2020. Efisiensi Pemasaran Cabai Rawit Merah di Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Forum Agribisnis (Agribusiness Forum). Vol. 10 (1) 2020: pp: 36-45. DOI: https://doi.org/10.29244/fagb.10.1.36-45

Immanuella BDU, dan Tinaprilla N. 2023. Analisis Efisiensi Tata Niaga Bawang Merah di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan. Vol. 10 (1) 2023: pp : 34-46. DOI: https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v10i1.34845

Kaswanto RL, Aurora RM, Yusri D, Sjaf S, Barus S. 2021. Kesesuaian Lahan untuk Komoditas Unggulan Pertanian di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Analisis Kebijakan Pertanian, 19(2), 189-205. DOI: https://doi.org/10.21082/akp.v19n2.2021.189-205

Kim Y, Kim S. 2015 An Analysis on the Production Cost and Marketing Margin of Food: Tofu and Kimchi. Korean Journal of Agricultural Science, Vol. 42 (3) 2015: pp: 285-291. DOI: https://doi.org/10.7744/cnujas.2015.42.3.285

Kotler P, Hayes T, Bloom PN. 2002. Marketing professional services. Prentice Hall.

Mardikanto T. 2007. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: Penerbit Universitas Sebelas Maret.

Mubyarto. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian (Edisi ke-3). Jakarta: LP3ES.

Mucharam I, Rustiadi E, Fauzi A, Harianto. 2022. Signifikansi Pengembangan Indikator Pertanian Berkelanjutan untuk Mengevaluasi Kinerja Pembangunan Pertanian Indonesia. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan: Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian dan Lingkungan, 9(2), 61-81. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v9i2.28038 DOI: https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v9i2.28038

Nasution AH, Hanter, Rahman P. 2019. Keragaan Pemasaran Cabai Merah di Sumatera Utara Kasus Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Jurusan Agribisnis Hortikultura.Fakultas Pertanian. Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan. DOI: https://doi.org/10.37149/jia.v5i5.14225

Rahayu P, Simanullang ES. 2023. Determinan Produksi dan Analisis Kelayakan Usahatani Cabai Merah: Studi Kasus Desa Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian dan Lingkungan, 10(3), 165-178. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v10i3.51050 DOI: https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v10i3.51050

Rejekiningrum P, Kartiwa B. 2022. Kontribusi Pembangunan Infrastruktur Panen Air terhadap Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Petani. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian dan Lingkungan, 9(1), 37-51. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v9i1.28073 DOI: https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v9i1.28073

Santosa E. 2015. Pengembangan Tanaman Iles-Iles Tumpangsari untuk Kesejahteraan Petani dan Kemandirian Industri Pangan Nasional. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian dan Lingkungan, 1(2), 73-79. DOI: https://doi.org/10.20957/jkebijakan.v1i2.10288

Soekartawi. 2003. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb-Douglas. Jakarta: PT rajagrafindo Persada.

Sudiyono A. 2004. Pemasaran pertanian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sunardi, Kaswanto RL, Sjaf S. 2020. Relationship between Plant Biodiversity and Carbon Stock in Rural Area of Cisadane Watershed. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(3), pp.610-616. DOI: https://doi.org/10.14710/jil.18.3.610-616

Tjiptono F. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta.

Diterbitkan
2024-08-22
Bagian
Articles
Tidak ada artikel terkait yang ditemukan