Pemanfaatan Minyak Jelantah untuk Pembuatan Lilin Aromaterapi sebagai Ide Bisnis di Kelurahan Kedung Badak

  • Muchamad Bachtiar IPB University
  • Izdihar Irbah
  • Dinda Fadhilah Islamiah
  • Fadhlan Rizakul Hafidz
  • Mastura Hairunnisa
  • Muhammad Aviandy Viratama
  • Sarah Chelsabiela

Abstract

Sejak akhir tahun 2019, dunia digemparkan dengan adanya pandemi Covid-19. Pandemik ini tidak hanya mengancam jiwa namun secara perlahan mematikan perekonomian di seluruh dunia, termasuk Indonesia. UMKM menjadi salah satu tiang penyangga perekonomian dari sebuah negara. Pada kegiatan pengabdian ini akan membahas salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan secara skala rumahan dengan peluang yang cukup menjanjikan saat ini, yakni pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan baku lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi merupakan lilin yang beraroma menenangkan dan menjadi salah satu produk yang sangat diminati saat ini. Karena berbahan baku dari minyak jelantah, secara tidak langsung akan mengurangi limbah minyak jelantah. Pengolahan lilin aroma terapi berbahan dasar minyak jelantah diolah dengan cara penyaringan, pelelehan, pencetakan, dan pengemasan yang menarik. Walaupun berbahan dasar dari minyak jelantah, produk yang dihasilkan sama seperti lilin aromaterapi pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhari H, Yusnimar, Utami SP. 2016. Pemanfaatan minyak jelantah menjadi biodiesel dengan katalis ZnO presipitan zinc karbonat: pengaruh waktu reaksi dan jumlah katalis. Jom FTEKNIK. 3(2):1-7.

Azizah U. 2014. Pengetahuan ibu tentang bahaya minyak goreng bekas (jelantah) bagi kesehatan di Dusun Ngendut Utara Desa Pucanganom Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. [Skripsi]. Ponorogo (ID): Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[BPS] Badan Pusat Statistika. 2018. Jumlah Rumah Tangga Menurut Status Kepemilikan Bangunan Tempat Tinggal di Kecamatan Tanah Sareal Bogor.

Inayati NI, Dhanti KR. 2021. Pemanfaatan minyak jelantah sebagai bahan dasar pembuatan lilin aromaterapi. Jurnal Budimas. 3(1):160-161.

Kune SJ. 2017. Analisis pendapatan dan keuntungan relatif usahatani jagung di desa Bitefa kecamatan Miomaffo Timur kabupaten Ttu. Jurnal Agribisnis Lahan Kering. 2(2): 23-24.

Mental Health Foundation. 2018. Stress: Are We Coping?. London (GB): Mental Health Foundation.

Pamujiningtyas K. 3 Mei 2018. Berapa kali minyak goreng boleh digunakan untuk memasak? kumparan.com. https://kumparan.com/kumparanfood/berapa-kali-minyak-goreng-boleh-digunakan-untuk-memasak/1

Prihanto A, Irawan B. 2018. Pemanfaatan minyak goreng bekas menjadi sabun mandi. METANA. 14(2):55-59.

Utami GA, Tjandrawibawa P. 2020. Peran aroma terapi melalui media lilin sebagai sarana untuk mengurangi stres pada generasi milenial. Pada: Seminar Nasional Evensi 2020: industri kreatif. 188-195.

Wardoyo DU. 2016. Analisis perhitungan harga pokok produksi dan penentuan harga jual atas produk (studi kasus pada PT Dasa Windu Agung). Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 1(2): 183-190.

Published
2022-10-31