SIAPIK JENGGOT, Inovasi Aplikasi Pelayanan Administrasi Masyarakat Kelurahan Jenggot, Kota Pekalongan

  • Ilham Iyadillah
  • Azka Al Azkiya
  • Muammar Ismail
  • Devi Surmiati
  • Irna Nurinayah
  • Mohamad Rifqi Arief Syafruddin
  • Akbar Sabili
  • Muchamad Bachtiar

Abstract

Sistem informasi adalah sistem pada sebuah lembaga yang mengatur keperluan pemrosesan transaksi berulang spesifik yang membantu fungsi administratif dan aktivitas strategis operasi organisasi untuk menyediakan informasi berdasar atas apa yang diperlukan kepada pihak eksternal tertentu untuk mengambil suatu keputusan. Penerapan sistem informasi kegiatan administrasi kelurahan misalnya untuk mengajukan pemberkasan terutama urusan kependudukan. Saat ini warga Kelurahan Jenggot, Kota Pekalongan yang hendak mengajukan pemberkasan harus datang langsung ke kantor kelurahan, kemudian mengantre dan mengisi kertas formulir. Dengan cara demikian, sering terjadi kesalahan dalam pengisian data dan memakan waktu cukup lama. Untuk memudahkan masyarakat dalam proses informasi administrasi pelayanan, maka diperlukan pengembangan aplikasi mobile sebagai bagian dari sistem informasi kelurahan. Metode penarikan dan pengumpulan data secara kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert (likert scale) untuk memperoleh pilihan atas jawaban responden dari sebuah pernyataan ataupun pertanyaan. Skala likert dapat juga bermanfaat untuk mengukur sikap, persepsi, dan pendapat responden atas fenomena yang terjadi di lingkungan sosial. Skala likert dibentuk untuk memberikan keyakinan pada responden dalam menjawab pada setiap pernyataan maupun pertanyaan. Terdapat empat fitur pada aplikasi SIAPIK JENGGOT, yaitu pengajuan surat, infografis, pengaduan, dan tentang aplikasi. Program ini diawali dengan pembuatan aplikasi SIAPIK JENGGOT. Kemudian dibuat buku panduan yang bertujuan mempermudah masyarakat dalam memahami cara menggunakan aplikasi tersebut. Selanjutnya diadakan dua sosialisasi, yang pertama ditujukan kepada kelurahan sebagai admin, dan yang kedua ditujukan kepada masyarakat sebagai pengguna aplikasi. Setelah jangkauan sosialisasi mulai meluas, dilakukan testing dan evaluasi kemudahan aplikasi kepada masyarakat. Secara umum dengan nilai rata-rata total sebesar 8,65, aplikasi SIAPIK JENGGOT sudah layak diaplikasikan kepada masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningtyas A, Pramudi AR. 2017. Undangan paperless berbasis cloud computing dengan memanfaatkan cloudinary. Compiler. 6(1): 1-7.

[BPS] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. 2020. Persentase Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas di Perkotaan dan Perdesaan yang Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir menurut Kabupaten/Kota dan Tempat Mengakses Internet (Tahun).

[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan. 2021. Kecamatan Pekalongan Selatan dalam Angka 2021.

[BPS] Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. 2021. Persentase Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Memiliki Telepon Seluler (HP)/Nirkabel dalam 3 Bulan Terakhir menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kelamin (Tahun).

Firmansyah R. 2018. Usability testing dengan use questionnaire pada aplikasi SIPOLIN Provinsi Jawa Barat. Jurnal Swabumi. 6(1): 1-7.

Hasbiyalloh M, Jakaria DA. 2018. Aplikasi penjualan barang perlengkapan handphone di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Jumantaka. 1(1): 61-70.

Indraswari RR, Yuhan RJ. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi penundaan kelahiran anak pertama di wilayah perdesaan Indonesia: analisis data SDKI 2012. Jurnal Kependudukan Indonesia. 12(1): 1-12.

Indrawati I, Lestari P, Belluano L, Harlinda H, Tuasamu FAR, Lantara D. 2019. Analisis tingkat kepuasan sistem informasi perpustakaan menggunakan PIECES Framework. Ilkom Jurnal Ilmiah. 11(2): 118-128.

Miot HA. 2020. Analysis of ordinal data in clinical and experimental studies. J Vasc Bras. 19: 1-4.

Rahadi DR. 2014. Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android. Jurnal Sistem Informasi (JSI). 6(1): 661-671.

Ramadhani S, Ikhsan N. 2020. Sistem informasi administrasi surat menyurat kantor wilayah kementerian agama Provinsi Riau. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis. 2(2): 141-151.

Sutiyono ST, Santi. 2020. Membangun sistem informasi pendaftaran siswa baru berbasis web dengan metode MDD (Model Driven Development) di Raudhatul Athfal Nahjussalam. Jurnal Sistem Informasi. 2(1): 50-56.

Travis, D. 2008. Measuring satisfaction: beyond the usability questionnaire. [Internet]. [diunduh 2017 Okt 11]. Tersedia pada: http://www.userfocus.co.uk/articles/satisfaction.html

Published
2022-10-31