MEMBANGUN TATA KELOLA GARAM BERDAYA SAING

  • Yonvitner Pusat Studi Bencana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Surya Gentha Akmal Pusat Studi Bencana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (IPB)

Abstract

Negeri bahari impor garam, sungguh sebuah ironi ketika duapertiga wilayah kita adalah laut. Kenapa hal ini terjadi, jawabnya sederhana, yaitu karena tidak adanya keberpihakan kepada petambak garam atau nelayan skala kecil. Untuk itu perlu sebuah telaah yang substansial untuk penyelesaian persoalan garam nasional ini. Setidaknya ada 5 langkah intervensi untuk menyelesaikan persoalan garam nasional dengan 3 dimensi tata kelola untuk menjadikan petambak garam lebih berdaya. Hanya dengan merubah konsep tata kelola ini, kita akan mampu mendorong sistem usaha tambak garam dan petambak yang berdaya saing.

 

Kata Kunci: Garam, Intervensi, Tata Kelola, Dimensi Usaha, Berdaya Saing

Metrics

Metrics Loading ...

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L.R., Citra, M.T., Danny, S. 2001. Rekristalisasi Garam Rakyat dari Daerah Demak untuk Mencapai SNI Garam Industri. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 2(4), 217-225.

Arwiyah, A., Zainuri, M., Efendy, M. 2015. Studi kandungan NaCl di dalam air baku dan garam yang dihasilkan serta produktivitas lahan garam menggunakan media meja garam yang berbeda. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 8(1), 1-9.

KKP. 2019. Data Produksi Garam Nasional. Ditjen PRL KKP.

Kurniawan, T., Azizi, A. 2012. Dampak perubahan iklim terhadap petani tambak garam di Kabupaten Sampang dan Sumenep. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 14(3), 499-518.

Maulana, K.D., Jamil, M.M.M., Putra, P.E.M., Rahmawati, R., Rohmawati, B. 2017. Peningkatan Kualitas Garam Bledug Kuwu Melalui Proses Rekristalisasi dengan Pengikat Pengotor CaO, Ba (OH) 2, dan (NH4) 2CO3. Journal of Creativity Student, 2(1), 42-46.

Maulana, R.P., Mulyanef, M.M., Kaidir, K.K. 2017. Performansi Termal Destilasi Surya untuk MengolahAir Laut Menjadi Garam dan Air Tawar dengan Penambahan Kolektor Plat Datar. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Bung Hatta.

Rochwulaningsih, Y. 2007. Petani Garam dalam Jeratan Kapitalisme, Analisis Kasus Petani Garam di Rembang Jawa Tengah. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik Tahun XX, (3).

Rochwulaningsih, Y. 2013. Tata Niaga Garam Rakyat dalam Kajian Struktural. Citra Lekha, 17(1), 59-66.

Wijaya, R.A., Firdaus,M., Ramadhan, A. 2013. Tingkat kemiskinan dan ketahanan pangan rumah tangga petambak garam berdasarkan status penguasaan lahan. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 8(1), 61-74.

Published
2021-04-01
How to Cite
Yonvitner, & AkmalS. G. (2021). MEMBANGUN TATA KELOLA GARAM BERDAYA SAING. RISALAH KEBIJAKAN PERTANIAN DAN LINGKUNGAN Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian Dan Lingkungan, 8(1), 53-59. https://doi.org/10.29244/jkebijakan.v8i1.28765
Section
Articles