Perineal urethrostomy pada kasus trabekulasi kandung kemih di kucing jantan

  • Yulia Erika Zech Vet Care, Jl Aru Indah Mulya, Kubu Dalam Parak Kerakah, Padang Timur. Padang.

Abstract

Perineal urethrostomy merupakan tindakan bedah yang dilakukan pada hewan jantan untuk mencegah terjadinya obstruksi berulang di saluran uretra atau pada kasus penyumbatan yang tidak dapat diatasi dengan pemasangan kateter. Tulisan ini melaporkan penanganan kasus trabekulasi kandung kemih pada 2 ekor kucing jantan berusia 7 (A) dan 2 (B) tahun dengan gangguan kesulitan urinasi. Tingkat stress dalam sebulan terakhir pada kedua kucing terjadi akibat perundungan kucing lain yang memperburuk keadaan. Urin kateter dipasang selama 3 hari, akan tetapi kucing kembali mengalami kesulitan urinasi pascakateter dilepas. Kateterisasi kemudian dilanjutkan untuk 5 hari berikutnya pada kucing A, sementara kucing B masih menunjukkan reaksi merejan selama pemasangan kateter. Kucing diagnosa mengalami trabekulasi pada dinding kandung kemih berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan ultrasonografi. Perineal urethrostomy dilakukan dan kombinasi pengobatan sistemik diberikan pasca bedah untuk mengurangi peradangan pada dinding kandung kemih. Kucing sudah dapat makan, minum dan grooming secara mandiri 2 hari pascabedah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bai SW, Park SH, Chung DJ, Park JH, Shin JS, Kim SK, Park KH. 2005. The significance of bladder trabeculation in the female lower urinary system: an objective evaluation by urodynamic studies. Yonsei Medical Journal. 46(5): 673–678.

Barsanti JA. 2016. Chapter 7. Urinary disorders. In: Veterinary key.

Bjorling DE, Gomez DC, Tamara M. 2016. Chapter 82. Surgery of the urethra. In: Veterinary key.

Brennan, MD. 2021. What is bladder trabeculation. Review article. WebMD. Internet [diakses 09 Jan 2023] https://www.webmd.com/urinary-incontinence-oab/what-is-bladder-trabeculation

Corcos J, Schick E. 2004. Imaging techniques in the evaluation of neurogenic bladder dysfunction. In: Evaluation and Treatment of the Neurogenic Bladder. CRC Press. Pp 55-62.

Fossum TW. 2019. Surgery of the integumentary system. In: Small Animal Surgery. 5th ed. Philadelphia: Elsevier.

Penninck D, Sutherland-Smith J. 2008. Bladder and Urethra. In: Atlas of Small Animal Ultrasonography. 2nd ed. Wiley-Blackwell. pp:365-384.

Published
2023-06-25
How to Cite
ErikaY. (2023). Perineal urethrostomy pada kasus trabekulasi kandung kemih di kucing jantan. ARSHI Veterinary Letters, 7(2), 21-22. https://doi.org/10.29244/avl.7.2.21-22