Ovariohysterectomy kasus tumor serviks dan uterus pada anjing mix breed

  • Miyayu Soneta Sofyan Departemen Kesehatan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga, Surabaya
  • Ira Sari Yudaniayanti Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, Surabaya
  • Nusdianto Triaoso Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, Surabaya
  • Rimala Aisyah Mahasiswa Paramedik Veteriner, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga, Surabaya
  • Revita Vandarischa Prameswari Mahasiswa Paramedik Veteriner, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga, Surabaya
  • Tegar Farizky Rusnalendra Mahasiswa Paramedik Veteriner, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga, Surabaya

Abstract

Tumor serviks dan uterus merupakan benjolan yang muncul akibat pertumbuhan sel yang berlebihan pada daerah servik dan uterus, ditandai terkadang dengan adanya leleran keluar melalui vagina. Tulisan ini melaporkan penanganan kasus tumor servik dan uterus pada seekor anjing mix breed betina, berumur 14 tahun dengan berat badan 10 kg dibawa pemiliknya ke Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga (RSHP FKH UNAIR). Pemilik mengeluhkan perut anjing membesar dan keluar cairan kuning kecoklatan dari vagina sejak sepuluh hari sebelumnya. Berdasarkan hasil anamnesis, anjing tidak pernah kawin, makan dan minumnya masih normal. Hasil pemeriksaan fisik menunjukkan anjing mengalami distensi abdomen dan keluar leleran berwarna kuning kecoklatan melalui vagina. Hasil pemeriksaan radiologi tampak uterus memiliki densitas yang meningkat dan terjadi pembesaran dengan bentuk yang massif pada regio abdomen. Hasil pemeriksaan darah tampak terjadi leukositosis, anemia, penurunan fungsi hati dan ginjal. Terapi yang dilakukan adalah ovariohysterectomy, dengan pengobatan pascabedah adalah pemberian antibiotik, antiradang dan multivitamin. Anjing sudah memiliki nafsu makan yang baik sehari setelah pembedahan dan selanjutnya dilakukan rawat jalan. Anjing melakukan kontrol ke RSHP FKH UNAIR setelah 10 hari pembedahan dengan kondisi luka sudah menutup dan kering, serta dilakukan pelepasan jahitan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adigunawan IWW, Pemayun IGAGP, Wirata IW. 2019. Laporan Kasus: Pyometra pada anjing Golden Retriever. Indonesia Medicus Veterinus. 8(1): 45–51.

Bonardo B, Christina BBH, Fransisca C, Kristin K, Sudiono J. 2016. Peran monosit (Makrofag) pada proses angiogenesis dan fibrosis. In prosiding Seminar Nasional Cendekiawan. 1(1): 254–259.

Dewi KEDP, Wirata IW, Pemayun IGAGP. 2019. Laporan Kasus : Ovariohisterektomi untuk penanganan endometritis pada anjing ras persilangan. Indonesia Medicus Veterinus. 8(6):750–761.

Hartono B, Pontoh VS, Merung MA. 2015. Penilaian jumlah neu-trofil, limfosit, dan trombosit, kadar protein reaktif c, kadar albumin, rasio neutrofil limfosit, serta rasio trombosit limfosit sebelum dan setelah terapi pada penderita karsinoma payudara: Jurnal Biomedik. 7(3): 163-170.

Ortega-Pacheco A, Gutiérrez-Blanco E, Jiménez-Coello M. 2012. Common lesions in the female reproductive tract of dogs and cats. Veterinary Clinics: Small Animal Practice. 42(3):547-59.

Saba CF, Lawrence JA. 2012. Tumors of the female reproductive system. In Withrow and MacEwen's Small Animal Clinic On-cology: Fifth Edition. (pp. 532-537). Elsevier Inc.

Tophianong TC, Utami T. 2019. Laporan Kasus : Diagnostik pencitraan ultrasonografi dan gambaran darah pada anjing golden retriever penderita pyometra terbuka. Jurnal Kajian Veteriner. 7(2):107-113.

Østergaard G, Hansen HN, Ottesen JL. 2021. Physiological, He-matological, and Clinical Chemistry Parameters: Conversion Factors. InHandbook of Laboratory Animal Science (pp. 413-444). CRC Press.

Published
2022-08-02
How to Cite
SofyanM. S., Sari YudaniayantiI., TriaosoN., AisyahR., Vandarischa PrameswariR., & Farizky RusnalendraT. (2022). Ovariohysterectomy kasus tumor serviks dan uterus pada anjing mix breed. ARSHI Veterinary Letters, 6(3), 47-48. https://doi.org/10.29244/avl.6.3.47-48

Most read articles by the same author(s)