Diagnosis dan terapi patent ductus arteriosus pada anjing

  • Christophorus Algriawan Bayu Widjanarko PDHB 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi, dkk. Sunter, Jakarta Utara
  • Titus Ardhi Prasetya PDHB 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi, dkk. Sunter, Jakarta Utara
Keywords: congenital malformation, heart, patent ductus arteriosus, dog

Abstract

Patent Ductus Arteriosus (PDA) adalah penyakit jantung kongenital yang disebabkan oleh gagal menutupnya ductus arteriosus dan menyebabkan abnormalitas aliran darah dari aorta menuju arteri pulmonalis. Kondisi tersebut mengakibatkan berlebihnya volume darah dalam sirkulasi paru-paru, atrium kiri, dan ventrikel kiri yang dapat berkontribusi pada terjadinya gagal jantung kongestif. Tulisan ini melaporkan seekor anjing Toy Poodle jantan berusia 7 bulan dibawa pemiliknya untuk pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi. Pemilik anjing menyatakan pasien tidak memiliki keluhan sakit maupun riwayat penyakit. Hasil auskultasi terdengar suara jantung continuous murmur grade V/VI di basal jantung kiri. Hasil pencitraan echocardiography memperlihatkan dilatasi pada arteri pulmonalis disertai aliran darah turbulen dan terdeteksi keberadaan ductus arteriosus. Pasien juga mengalami overload volume darah pada atrium kiri. Ductus arteriosus pasien kemudian ditutup secara operasi dengan metode ligasi intrapericardial. Pemeriksaan echocardiography pada 48 jam pasca operasi menunjukan adanya aliran residual pada arteri pulmonalis. Ukuran atrium kiri kembali ke rentang normal dan grade continuous murmur turun ke II/VI. Aliran residual pada pasien masih terdeteksi hingga satu bulan pasca operasi, namun suara murmur sudah tidak terdengar dan ukuran ruang-ruang jantung tetap berada dalam rentang normal. Ligasi pada PDA masih menyisakan aliran residual pada arteri pulmonalis dan pemantauan terhadap potensi residual permanen dan rekanalisasi terus dilakukan pada pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Broaddus KD, Tillson MD. 2010. Patent ductus arteriosus in dogs. Compendium Continuing Education for Veterinarian. 32(9): E1-E14.

Grimes JA, Thieman Mankin KM. 2022. Surgical ligation of patent ductus arteriosus in dogs: Incidence and risk factors of rupture. 51(4):592-599.

Nelson RW. Couto CG. 2020. Small Animal Internal Medicine: 6th Edition. Elsevier.

Selmic LE, Nelson DA, Saunders AB, Hobson HP, Saunders WB. 2013. An intrapericardial technique for PDA ligation: surgical description and clinical outcome in 35 dogs. Journal of the American Animal Hospital Association. 49(1):31-40.

Ware WA. 2011. Cardiovascular disease in small animal medicine. Manson/The Veterinary Press. pp 263-279.

Published
2022-09-10
How to Cite
WidjanarkoC. A. B., & PrasetyaT. A. (2022). Diagnosis dan terapi patent ductus arteriosus pada anjing. ARSHI Veterinary Letters, 6(4), 63-64. https://doi.org/10.29244/avl.6.4.63-64

Diagnosis and treatment of Ehrlichiosis in a Pug dog

Desak Gede Bintang Pradnya Dewanti, I Putu Gede Yudhi Arjentinia, I Nyoman Suartha

Vulvar hemangioma in a Kintamani dog

Palagan Senopati Sewoyo, Putu Tessa Hariys Septianda Teja, I Nengah Wandia, Steven Dwi Purbantoro