Pouch Skin Flap pada Kasus Cutaneous Melanoma di Anjing Silky Terrier

  • Siti Zaenab My Vets Animal Clinic, Jalan Kemang Selatan VIII No. 7A Bukit Kemang, Jakarta Selatan
  • Osye Alamsari My Vets Animal Clinic, Jalan Kemang Selatan VIII No. 7A Bukit Kemang, Jakarta Selatan
  • Kemala Sherlin My Vets Animal Clinic, Jalan Kemang Selatan VIII No. 7A Bukit Kemang, Jakarta Selatan
  • Benda Alifianti My Vets Animal Clinic, Jalan Kemang Selatan VIII No. 7A Bukit Kemang, Jakarta Selatan
  • Fathia Ramadhani My Vets Animal Clinic, Jalan Kemang Selatan VIII No. 7A Bukit Kemang, Jakarta Selatan
Keywords: melanoma, pouch flap, skin flap

Abstract

Cutaneous melanoma adalah tumor yang muncul dari sel-sel pigmen yang terjadi pada kulit dan paling umum terjadi pada anjing, kuda, dan beberapa breed babi. Melanoma yang terjadi pada kulit umumnya bersifat benign pada anjing. Tindakan bedah berupa pengangkatan dipilih untuk menangani cutaneous melanoma berukuran sekitar 3 x 2.5 cm pada kaki anjing jenis Silky Terrier di My Vets Animal Clinic Kemang Selatan. Skin flap metode pouch digunakan untuk merekonstruksi kulit anjing yang telah diangkat tersebut. Anjing sudah dapat beraktivitas menggunakan keempat kakinya dengan aktif setelah pelepasan kaki dari kantung (pouch). Pouch flap memberikan hasil yang bagus untuk mengatasi kerusakan kulit setelah pengangkatan cutaneous melanoma pada ekstremitas bagian bawah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[CSU] Colorado State University Animal Cancer Center. 2014. Malignant Melanoma in Dogs. [internet] [diunduh pada 2017 Juli 13] Tersedia pada http://www.csuanimalcancercenter.org.

Mauldin EA, Peters-Kennedy J. 2016. Integumentary System. Di dalam: Jubb KVF, Bienzle D, Cantile C, Caswell JL, Ciancolo RE, Cooper BJ, Craig LE, Cullen JM, Dittmer KE, Foster RA et al. Maxie MG, editor. Pathology of Domestic Animals Vo-lume 1 Sixth Edition. Missouri (US): Elsevier.

MacPhail CM. 2017. Surgery of the Integumentary System. Di dalam: Fossum TW, Dewey CW, Horn CV, Johnson AL, MacPhail CM, Radlinsky MG, Schulz KS, Willard MD, Caplan ER, Gordon-Evans W, et al. Fossum TW, editor. Small Animal Surgery Fourth Edition. Missouri (US): Elsevier.

Published
2017-08-18
How to Cite
ZaenabS., AlamsariO., SherlinK., AlifiantiB., & RamadhaniF. (2017). Pouch Skin Flap pada Kasus Cutaneous Melanoma di Anjing Silky Terrier. ARSHI Veterinary Letters, 1(2), 31-32. https://doi.org/10.29244/avl.1.2.31-32

Most read articles by the same author(s)