Strategi Pengembangan Komoditas Ayam KUB di Desa Masingai II, Kabupaten Tabalong

  • Syahayunur Fitriani Sekolah Vokasi IPB
  • Tri Budiarto Sekolah Vokasi IPB
  • M. Iqbal Nurulhaq Sekolah Vokasi IPB
Keywords: Kata kunci: ayam KUB, strategi pengembangan, usaha bersama

Abstract

Ayam Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB) merupakan salah satu jenis ayam bukan ras yang dapat diambil daging dan telurnya sebagai hasil produksi. Keunggulan dari indukan (parent stock) ayam KUB adalah sifat mengeram lebih pendek dengan daya tetas 84%, produksi telur tinggi yaitu ±180 butir per tahun. Bobot badan yang dihasilkan ayam KUB tersebut berkisar antara 800 – 1000 gr selama pemeliharaan 10 minggu, jika dibandingkan dengan bobot ayam kampung biasa, pertumbuhan ayam KUB agar mencapai bobot maksimal memerlukan waktu 16 – 20 minggu. Prospek agribisnis ayam KUB memiliki potensi yang cukup baik karena permintaan dan peluang pasar yang menjanjikan. Peternak ayam KUB Desa Masingai II merupakan masyarakat Desa Masingai II yang mendapat bantuan DOC ayam KUB dari Program CSR PT Adaro Indonesia. Berdasarkan hal tersebut peternak ayam KUB Desa Masingai II memiliki peluang untuk mengembangkan usaha pembesaran dan produksi DOC ayam KUB sehingga adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan ayam KUB di Desa Masingai II. Strategi pengembangan ayam KUB di Desa Masingai II diawali dengan meningkatkan pengetahuan peternak mengenai manajemen pemeliharaan ayam KUB, manajemen kesehatan ayam KUB, manajemen penetasan telur dan produksi DOC ayam KUB, praktik pembuatan pakan alternatif, dan praktik pembuatan mesin tetas otomatis sederhana. Selanjutnya peternak juga dibelaki dengan pelatihan literasi keuangan serta akses permodalan. Terakhir masyarakat diajak untu berdiskusi bersama untuk menentukan sistem usaha budidaya aym KUB yang akan mereka jalankan kedepannya yaitu sistem pemeliharaan di rumah masing-masing dengan tujuan akhir dipasarkan secara kelompok.

 

References

Ardana IBK. 2011. Ternak Broiler. 3(1):51–59.
Bayu, D. 2022. Penduduk RI Konsumsi Daging Ayam 0,14 Kg per Minggu pada 2021 [internet]. Data Indonesia.id
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2022. Kecamatan Upau dalam Angka Tahun 2021. Tabalong: Badan Pusat Statistik
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2023. Jumlah penduduk menurut provinsi di Indonesia (ribu jiwa) 2020-2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
BPTP] Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta. 2013. Mengenal Ayam KUB. Yogyakarta: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.
[DISKOMINFO] Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tabalong. 2018. Desa Masingai II. Tabalong: Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tabalong.
Fadilah R. 2013. Super Lengkap Beternak Ayam Broiler. Jakarta: PT AgroMedia Pustaka. hal. 148-160.
Published
2023-12-28
How to Cite
FitrianiS., Tri Budiarto, & M. Iqbal Nurulhaq. (2023). Strategi Pengembangan Komoditas Ayam KUB di Desa Masingai II, Kabupaten Tabalong. Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 8(2), 43-52. Retrieved from https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnalcare/article/view/52604

Most read articles by the same author(s)