Perancangan Penggunaan Air Sungai Ciapus untuk Menyuplai Air Irigasi di Persemaian Permanen Dramaga Bogor

Design of Ciapus’s River Utilization River Water to Supply Irrigation Water in Dramaga Permanent Nursery

  • Joice Ester Manihuruk IPB University
  • Budi Indra Setiawan IPB University
Keywords: musim kemarau, evapotranspirasi, fiberglass reservoir, irigasi

Abstract

Persemaian Permanen Darmaga didirikan dalam rangka menyediakan kualitas bibit yang baik untuk rehabilitasi hutan dan lahan. Pada musim kemarau, penanaman tidak bisa dilakukan karena ketersediaan air yang terbatas, oleh sebab itu perlu alternatif penyediaan air yang dapat disuplai secara kontinyu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang reservoir untuk penampungan air irigasi. Dalam perancangan, digunakan data iklim yang terdiri dari data bulanan curah hujan, suhu rata-rata, kecepatan angin rata-rata, lama penyinaran matahari, dan kelembapan relatif 10 tahun terakhir (2011-2020). Pendugaan evapotranspirasi dilakukan pula dengan metode Hargreaves dengan menggunakan data iklim harian. Hasil studi menujukkan bahwa kekurangan air irigasi pada puncak musim kemarau sebanyak 4.20 mm/hari atau setara 24.47 m3/hari. Kebutuhan air irigasi tertinggi untuk mencukupi kebutuhan evapotranspirasi dan perkolasi sebanyak 46.09 m3/hari pada bulan September. Kapasitas reservoir yang dirancang sebesar 12 m3. Reservoir ini berdimensi dengan panjang 3 m, lebar 2 m dan tinggi 2 m yang dilengkapi dengan pipa inlet dan outlet dengan diameter 3 inches dan 2 inches.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurmaimun A. Evaluasi Keberhasilan Persemaian Permanen Dramaga dalam Membangun Hutan Rakyat di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor, 2019.

Irawan U, Arbainsyah, Ramlan A, Putranto H, Afifudin S. Manual Pembuatan Persemaian dan Pembibitan Tanaman Hutan. Bogor(ID): Operasi Wallacea Terpadu; 2020.

Direktur Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung. Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Nomor: P.5/PDASHL/SET/KUM.1/4/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembangunan dan Pengelolaan Persemaian Permanen. Jakarta (ID): Direktur Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung; 2019.

Ridwan M. Analisis beban pencemaran sungai ciapus sebagai bahan baku pengolahan air bersih di kampus IPB Dramaga, Bogor. Institut Pertanian Bogor, 2016.

Direktorat Jendral Departemen Pekerjaan Umum. Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan 01. Jakarta(ID): Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum; 1986.

Bowles. Sifat - Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga; 1991.

Nassir DA, Hambali R. Studi Optimasi Pola Tanam Jaringan Irigasi Desa Rias dengan Program Linear. J Fropil 2016;4:1–14.

Nur I, Effiandi N, Mulyadi, Maimuzar, Hendra. Kajian Potensi Air Pengerak Pompa Hidram untuk Mengairi Sawah di Daerah Pakandangan Kabupaten Padang Pariaman. J Ilm Poli Rekayasa 2019;15:48–55. https://doi.org/10.30630/jipr.15.1.139.

Arianta A. Pengaruh Variasi Ukuran Tabung Udara Terhadap Unjuk Kerja Sebuah Pompa Hidram [Skripsi]. Universitas Gadjah Mada, 2010.

Arifin M, Ramadhan H. Analisis Pemanfaatan Air Hujan sebagai Alternatif Penyediaan Air Sanitasi dan Pertamanan pada Kompleks Gedung Pemerintahan Kota Bandung [Thesis]. Institut Teknologi Nasional, 2021.

Kurniawan A, Priyanto A, Suripin, Salmun. Perencanaan Sistem Penyediaan Air Bersih PDAM Kota Salatiga. J Sipil Statik 2014;3:985–94.

Published
2022-07-29
How to Cite
1.
Manihuruk JE, Setiawan BI. Perancangan Penggunaan Air Sungai Ciapus untuk Menyuplai Air Irigasi di Persemaian Permanen Dramaga Bogor: Design of Ciapus’s River Utilization River Water to Supply Irrigation Water in Dramaga Permanent Nursery. J-Sil [Internet]. 2022Jul.29 [cited 2024Mar.29];7(2):101-12. Available from: https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jsil/article/view/36460
Section
Research Articles

Most read articles by the same author(s)