Abstract
Tujuan kajian ini adalah untuk menganalisa sikap konsumen terhadap klaim minyak goring, dan untuk menginvestigasi factor-faktor yang mempengaruhi sikap terhadap klaim tersebut. Data dikumpulkan dari 150 keluarga pada bulan Februari sampai April 2004. Sampel dipilih dari penduduk Bogor yang berjumlah 700 ribu orang. Wawancara tatap muka dilakukan untuk mendapatkan informasi dari responden. Beberapa pertanyaan dirancang untuk mengukur sikap terhadap klaim lima merek minyak goring. Pernyataan klaim masing-masing merek diambil dari iklan tercetak dan label kemasan mereka, kemudian klaim tersebut dituliskan dalam bentuk pertanyaan sikap. Analisis frekuensi digunakan untuk memperlihatkan karakteristik domografi dan ekonomi responden, dan untuk menggambarkan sikap terhadap klaim. Analisis Multiple Discriminant digunakan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap terhadap klaim dari merek minyak goreng. Hasil kajian menunjukkan bahwa klaim yang dilakaukan oleh masing-masing merek minyak goreng hampir semuanya terkait dengan kesehatan, kemudian diikuti oleh metode pengolahan, dan kareakteristik fisik dari minyak goreng. Kebanyak responden menunjukkan sikap yang netral terhadap berbagai klaim masing-masing merek, khususnya terhadap klaim yang sulit dinilai seperti pengolahan berkali-kali, pengolahan terpadu, Omega 9, Omega 6, Vit. E, dan Palmitic Acid. Beberapa responden juga juga yakin terhadap klaim yang dikemukakan oleh beberap merek. Namun demikian, lebih banyak responden yang tidak mempercayai berbagai klaim tersebut. Analisis multiple discriminant menunjukkan bahwa ada variabel independen, yaitu pengeluaran rumah tangga, ukuran rumah tangga, dan usia responden yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap klaim Omega 9. Ini mengindikasikan bahwa responden dengan rumah tangga yang lebih besar, mempunyai pengeluaran lebih besar dan yang lebih tua cenderung lebih mempercayai klaim tentang Omega 9 dibandingkan dengan rumah tangga yang lebih kecil, pengeluaran yang lebih kecil dan penduduk yang lebih muda.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).