PENGARUH INOVASI EDUKASI GIZI MASYARAKAT BERBASIS SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING

  • Megawati Simanjuntak IPB University
  • Lilik Noor Yuliati IPB University
  • Risda Rizkillah IPB University
  • Avia Maulidina IPB University

Abstract

Pandemi Covid-19 menghambat program pencegahan dan pengentasan stunting sehingga dibutuhkan sarana yang mempermudah edukasi gizi di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji inovasi edukasi gizi masyarakat berbasis social media marketing pada Youtube, Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter serta mengukur pengaruhnya terhadap perubahan kognitif, afektif, dan perilaku. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuasi eksperimental dengan desain one group pre-test dan post-test. Penelitian dilaksanakan pada Bulan September hingga Desember 2021. Responden berjumlah 89 orang yang tersebar pada lima media sosial. Data dianalisis dengan uji beda paired t-test. Secara keseluruhan untuk semua media sosial, terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 13,88 poin, sikap sebesar 2,30 poin dan perilaku sebesar 5,81 poin. Pada ketiga variabel, dengan menjumlahkan delta perubahan, media sosial paling tinggi kenaikannya adalah TikTok (36,75), diikuti dengan Instagram (22,29), Twitter (20,25), Youtube (16,66) dan Facebook (12,61). Berdasarkan uji beda paired t-test, terdapat perbedaan signifikan pada pengetahuan, sikap, dan perilaku. Media sosial yang paling menghasilkan perubahan pengetahuan sasaran adalah TikTok, sedangkan perubahan sikap dan perilaku sasaran paling efektif melalui media sosial Instagram. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil temuan dapat digunakan oleh stakeholder untuk melakukan promosi pencegahan dan pengentasan masalah stunting dengan lebih efektif dan berdampak luas.

Author Biographies

Megawati Simanjuntak, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Lilik Noor Yuliati, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Risda Rizkillah, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

Avia Maulidina, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Terakreditasi A

References

Aichner, T., & Jacob, F. (2015). Measuring the degree of corporate social media use. International Journal of Market Research, 57, 257–276. doi: 10.2501/IJMR-2015-018

Alfridsyah, A., Ichsan, I., & Miko, A. (2013). Perbedaan penggunaan standar baru antropometri WHO-2006 terhadap peningkatan pengetahuan dan penilaian status gizi pada tenaga gizi pelaksana di Kota Banda Aceh tahun 2009. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2), 20-43. Retrieved from http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/hsr/article/view/3305/3296

Arsyati, A., M. (2019). Pengaruh penyuluhan media audiovisual dalam pengetahuan pencegahan stunting pada ibu hamil di Desa Cibatok 2 Cibungbulang. Promotor, 2(3), 182-190. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/PROMOTOR/article/view/1935

Amaliyah, E., & Mulyati, M. (2020). Effectiveness of health education and nutrition rehabilitation toward community empowerment for children aged less than 5 years with stunting: A quasi-experimental design. Jurnal Ners, 15(3), 173-177. doi: 10.20473/jn.v15i2.19494

Basch, C. H., Hillyer, G. C., & Jaime, C. (2020). COVID-19 on TikTok: Harnessing an emerging social media platform to convey important public health messages. International Journal of Adolescent Medicine and Health. doi: 10.1515/ijamh-2020-0111

Dalsgaard, C. (2016). Students’ educational use of Facebook groups. Educational Media International, 53(4), 261–273. doi: 10.1080/09523987.2016.1254879

Dewi, M., & Aminah, M. (2016). Pengaruh edukasi gizi terhadap feeding practice ibu balita stunting usia 6-24 bulan. Indonesian Journal of Human Nutrition, 3(1), 1-8. doi: 10.21776/ub.ijhn.2016.003.Suplemen.1

Djamaludin, M. D., Simanjuntak, M., & Rochimah, N. (2012). Pengaruh motivasi pesan dan penyajian buklet terhadap persepsi dan pengetahuan tentang jajanan sehat. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 5(1), 67-76. doi: 10.24156/jikk.2012.5.1.67

Ervin, E., Abbas, H. H., & Muchlis, N. (2020). Pengaruh edukasi penyuluhan dan intervensi play therapy terhadap perubahan perilaku ibu balita dalam upaya pencegahan stunting di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Mitra Sehat, 10(1), 51-61.Retrieved from http://repository.umi.ac.id/id/eprint/247

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share Social Work Journal, 10(2),199-208. doi: 10.24198/share.v10i2.31443

Indriani, L., Zaddana, C., Nurdin, N. M., & Sitinjak, J. S. M. (2019). Pengaruh pemberian edukasi gizi dan kapsul serbuk daun kelor (moringa oleifera l.) terhadap kenaikan kadar hemoglobin remaja putri di universitas pakuan. Media Pharmaceutica Indonesia, 2(4), 200-207. doi: 10.24123/mpi.v2i4.2109

Kamasz, E. (2021). NFZ Health Academy – approaches used by the National Health Fund (NFZ) to promote healthy lifestyle and physical activity among Poles via web and social media during the COVID-19 pandemic. Journal of Physical Education and Sport, 21(2), 1064-1070. doi: 10.7752/jpes.2021.s2133

Karo, M. B. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) strategi pencegahan penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 1-4. Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/1

Khatimah, K., & Laksmi. (2019). Prevent stunting campaign: Dissemination of health information through Instagram. Record and Library Journal, 5(1), 80-89. doi: 10.20473/rlj.V5-I1.2019.80-89

Loehmer, E., Smith, S., McCaffrey, J., & Davis, J. (2018). Examining internet access and social media application use for online nutrition education in SNAP-Ed participants in rural Illinois. Journal of Nutrition Education and Behavior, 50(1), 75-82. doi: 10.1016/j.jneb.2017.03.010

Mazman, S. G., & Usluel, Y. K. (2010). Modeling educational usage of Facebook. Computers & Education, 55(2), 444–453. doi: 10.1016/j.compedu.2010.02.008

Miller, P. H. (2011). Theories of developmental psychology (5th ed.). New York: Worth Publishers

Mutiara, H., Apriliana, E., Suwandi, J. F., & Utami, N. (2019). Screening pertumbuhan anak, edukasi tentang stunting serta pelatihan pemantauan pertumbuhan anak pada orang tua siswa sekolah dasar negeri di Provinsi Lampung dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan anak Indonesia. JPM Ruwa Jurai, 4(1), 36-41. doi: 10.23960/jpm.v4i1.2538

Mzumara, B., Bwembya, P., Halwiindi, H., Mugode, R., & Banda, J. (2018). Factors associated with stunting among children below five years of age in Zambia: Evidence from the 2014 Zambia demographic and health survey. BMC Nutrition, 4(1), 1-8. doi: 10.1186/s40795-018-0260-9

Nurhayati, R., Utami, R. B., & Irawan, A. A. (2020). Health education about stunting nutrition in mothers to weight stunting children aged 2-5 years. Journal for Quality in Public Health, 4(1), 38-43. doi: 10.30994/jqph.v4i1.148

Nurlinda, N., & Sari, R. W. (2021). Pengaruh penyuluhan dengan media animasi pencegahan stunting terhadap pengetahuan dan sikap calon pengantin. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 4(3), 372-376. doi: 10.31934/mppki.v4i3.1606

Parisudha, A. (2020). Peningkatan pengetahuan mengenai 1,000 hpk untuk mencegah risiko stunting pada kader Aisyiyah Banguntapan Utara. Jurnal Kesehatan Global, 3(2), 62-68. doi: 10.33085/jkg.v3i2.4630

Rahmawati, N. F., Fajar, N. A., & Idris, H. (2020). Faktor sosial, ekonomi, dan pemanfaatan posyandu dengan kejadian stunting balita keluarga miskin penerima PKH di Palembang. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 17(1), 23-33. doi: 10.22146/ijcn.49696

Ramadhayanti, A. (2019). Strategi pemasaran di Youtube melalui subscriber & komentar dan perspektif persuader terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen dan Inovasi, 10(1), 9-21. doi: 10.24815/jmi.v10i1.14379

Rusdi F. Y., Auliya H., Helmizar. (2020). Pengaruh edukasi gizi menggunakan Instagram terhadap perubahan perilaku gizi seimbang untuk pencegahan anemia pada remaja putri di SMA 2 Padang. Journal of Nutrition College, 10(1), 31-38. doi: 10.14710/jnc.v10i1.29271

Setiawan, E., Machmud, R., & Masrul, M. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada anak usia 24-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 275-284. doi: 10.25077/jka.v7i2.813

Subardjo, Y. P., Ramadhan, G. R., Betaditya, D., Syarifah, M., & Abidin, N. F. (2021). Nutritional information access and dietary behavior among people with diabetes during Covid-19 pandemic. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 746(1), 12-27. doi: 10.1088/1755-1315/746/1/012027

Sunarti E. (2001). Studi ketahanan keluarga dan ukurannya: Telaah kasus pengaruhnya terhadap kualitas kehamilan (Disertasi, Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia). Retrieved from https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/4337

Suryati, S., & Supriyadi, S. (2019). The effect of booklet education about children nutrition needs toward knowledge of mother with stunting children in Pundong Primary Health Center Work Area Bantul Yogyakarta. Proceeding the 4th International Nursing Conference, 102-109. doi: 10.32528/inc.v0i0.2703

Tsani, A. F. A., Nugroho, T. W., Ayustaningwarno, F., Dieny, F. F., & Kristiana, I. (2020). Providing online education to improve health and nutrition knowledge in security units during the pandemic (Covid-19). Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), 175-179. doi: 10.30604/jika.v5i2.355

Ulfani, D. H., Martianto, D., & Baliwati, Y. F. (2011). Faktor-faktor sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat kaitannya dengan masalah gizi underweight, stunted, dan wasted di Indonesia: Pendekatan ekologi gizi. Jurnal Gizi dan Pangan, 6(1), 59-65. doi: 10.25182/jgp.2011.6.1.59-65

Uswah, L. K. (2014). Konsumsi gadget siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 10(2), 24-32. doi: 10.22146/bip.8832

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh model pembelajaran project-based learning berbantu Instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47–52. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pdg/article/view/7335

Waryana, W., Sitasari, A., & Febritasanti, D. W. (2019). Intervensi media video berpengaruh pada pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah kurang energi kronik. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 4(1), 58-62. doi: 10.30867/action.v4i1.154

Yulia, I. (2018). Optimalisasi penggunaan media sosial dalam pemasaran sosial dan komunikasi perubahan perilaku: Suatu pendekatan studi literatur review. Hearty Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2). doi: 10.32832/hearty.v6i2.1276

Yuliati, L. N., Simanjuntak, M., & Oktriyanto, O. (2019). The Influence of information access, knowledge, perception of family planning’s risks, and husband’s support on interest of using contraception for unmet need group. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen,12(2), 157-168. doi: 10.24156/jikk.2019.12.2.157.

Zhu, C., Xu, X., Zhang, W., Chen, J., & Evans, R. (2020). How health communication via Tik Tok makes a difference: A content analysis of Tik Tok accounts run by Chinese Provincial Health Committees. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(1), 192. doi: 10.3390/ijerph17010192

Zikri, Z., Yuliati, L. N., & Simanjuntak, M. (2019). Pengaruh agen sosialisasi dan iklan TV terhadap sikap dan perilaku menyikat gigi pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(2), 169-180. doi: 10.24156/jikk.2019.12.2.169

Published
2022-07-01
How to Cite
SimanjuntakM., YuliatiL. N., RizkillahR., & MaulidinaA. (2022). PENGARUH INOVASI EDUKASI GIZI MASYARAKAT BERBASIS SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 15(2), 164-177. https://doi.org/10.24156/jikk.2022.15.2.164