Inspeksi Usabilitas pada Locomotion Tiga Aplikasi Realitas Virtual Berbasis Cardboard

Auzi Asfarian, Hengky Rachmadhani, Firman Ardiansyah

Abstrak

Realitas virtual memerlukan mekanisme interaksi yang menggerakkan pengguna di dunia (locomotion). Hingga saat ini sudah banyak aplikasi realitas virtual yang dikembangkan, seperti pada bidang permainan, kesehatan, dan navigasi. Penelitian ini berfokus menemukan masalah usabilitas locomotion pada aplikasi realitas virtual. Aspek tersebut dievaluasi dengan beberapa locomotion yang berbeda terhadap tiga aplikasi permainan. Analisis ini dilakukan untuk mendapatkan ringkasan informasi berupa locomotion yang menjadi masalah pada ketiga aplikasi realitas virtual. Hasil penelitian menyatakan bahwa masing-masing responden memiliki perbedaan kriteria pergerakan sistem yang efektif. Locomotion dengan tingkat kesulitan pergerakan yang berbeda akan berpengaruh pada masalah usabilitas dan memiliki efek samping yang berbeda. Locomotion movement 1:1 memiliki nilai modus tingkat ketidaknyamanan yang tinggi dengan skor 3, pengguna merasa sakit dan mengalami efek samping. Locomotion rail movement dan head-tracking movement memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi sehingga pengguna tidak merasa sakit dan tidak mengalami efek samping.


Kata Kunci: cardboard, interaksi, locomotion, realitas virtual, usabilitas

Penulis

Auzi Asfarian
asfarian@apps.ipb.ac.id (Kontak utama)
Hengky Rachmadhani
Firman Ardiansyah
AsfarianA., RachmadhaniH., & ArdiansyahF. (2020). Inspeksi Usabilitas pada Locomotion Tiga Aplikasi Realitas Virtual Berbasis Cardboard. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 7(2), 135-144. https://doi.org/10.29244/jika.7.2.135-144
Copyright and license info is not available

Rincian Artikel

Most read articles by the same author(s)