KONSISTENSI RESPONDEN DALAM MENGEVALUASI PROFIL PRODUK PADA ANALISIS KONJOIN

  • Utami Dyah Syafitri
  • Hari Wijayanto
  • Yuni Suci Kurniawati

Abstract

Salah satu non sampling error dalam suatu survey adalah ketidakkonsistenan jawaban yang diberikan oleh responden terutama jika diminta untuk memberikan prioritas terhadap profil suatu produk. Hal tersebut berkaitan dengan alat ukur (kuesioner) yang digunakan. Dalam analisis konjoint, evaluasi preferensi terhadap suatu produk dilakukan dengan memberikan penilaian (rating) dan mengurutkan (ranking) profil-profil suatu produk. Responden dikatakan konsisten apabila hasil analisis konjoin per individu dari data rating dan ranking menunjukkan urutan tingkat kepentingan atribut yang sama dari dua metode pengukuran tersebut. Sebagai bahan evaluasi terhadap ketidakkonsistenan jawaban responden, dalam penelitian ini digunakan studi kasus preferensi mahasiswa IPB dalam memilih mata kuliah pilihan. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Dari hasil survey, secara umum dapat dikatakan responden konsisten dalam mengevaluasi stimuli dengan metode rating dan ranking. Sedangkan apabila ditinjau dari sisi masing-masing individu diperoleh sekitar 43% responden yang dapat mengevaluasi stimuli dengan metode rating dan ranking secara konsisten. Kekonsistenan jawaban responden dipengaruhi oleh lamanya waktu yang diperlukan untuk evaluasi produk, sikap dan kesungguhan dalam menjawab, serta pribadi yang serius (ditunjukkan oleh prilaku yang tidak gemar bermain games).

Kata kunci : konjoint, rating, ranking, kekonsistenan

Published
2012-09-15
Section
Articles