The Influencing Factors of Access and Control Men and Women in Community Forest Resources Management

  • Fitria Rahmawati
  • Melani Abdulkadir-Sunito

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan  profil aktivitas laki-laki dan perempuan pada kegiatan reproduktif,
produktif dan sosial kemasyarakatan, mendeskripsikan profil akses dan kontrol laki-laki dan perempuan dalam pengelolaan sumberdaya hutan rakyat, membandingkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap akses dan kontrol laki-laki dan perempuan dalam pengelolaan sumberdaya hutan rakyat. Responden adalah petani rumah tangga dan buruh tani yang bekerja di hutan rakyat. Penelitian ini mengindikasikan bahwa dalam  kegiatan reproduktif, perempuan pada rumahtangga buruh tani memiliki curahan waktu lebih tinggi daripada perempuan pada rumah tangga petani dan dalam kegiata produktif laki-laki pada rumahtangga buruh tani memiliki curahan waktu lebih tinggi daripada laki-laki pada rumahtangga petani. Faktor penguasaan lahan rumahtangga,  keikutsertaan suami-istri dalam kegiatan kelompok dan pengetahuan lokal suami istri dalam budidaya tanaman di lahan hutan mempengaruhi akses kontrol pada rumahtangga petani terlebih pada laki-laki sedangkan pada rumahtangga buruh tani faktor-faktor tersebut tidak mempengaruhi akses dan kontrol atas sumberdaya dalam kegiatan pengelolaan hutan rakyat.  
Kata kunci : akses dan kontrol, pengelolaan hutan rakyat, rumahtangga buruh tani, rumahtangga petani, gender, laki-laki dan perempuan.
Published
2015-05-15
How to Cite
RahmawatiF., & Abdulkadir-SunitoM. (2015). The Influencing Factors of Access and Control Men and Women in Community Forest Resources Management. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 1(3). https://doi.org/10.22500/sodality.v1i3.9404
Section
Articles