ANALISIS FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOLOGI SEBAGAI PENENTU KEPUASAN PENGUNJUNG TAMAN KOTA DAN TAMAN HUTAN KOTA DI DKI JAKARTA Analysis of Social and Psychological Factors Determining Satisfaction of Visitors to Urban Parks and Urban Forests Parks in DKI Jakarta

Reno Catelya Dira Oktavia, Hermanto Siregar, Tutut Sunarminto, Rachmad Hermawan

Abstract

Faktor sosial dan psikologi sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengunjung selama berekreasi di taman kota dan taman hutan kota (THK) dalam wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor sosial dan psikologi di dalam taman kota dan THK dalam kaitannya dengan tingkat kepuasan pengunjung. Data penelitian dikumpulkan dari responden dengan alat bantu kuesioner, menerapkan pola One Score One Indicator Scoring System. Jumlah responden sebanyak 600 orang dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan metode importance performance analysis, customer satisfaction index, analisis statistik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima aspek sosial dan psikologi yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengunjung. Aspek yang memiliki nilai kepentingan tinggi dan nilai kepuasan tinggi adalah aspek atmosfer berkegiatan, sedangkan yang bernilai rendah adalah aspek keamanan dan keselamatan. Analisis korelasi Spearman menunjukkan bahwa dari kelima aspek sosial dan psikologi tersebut satu sama lain memiliki tingkat asosiasi atau hubungan yang sangat dekat dengan nilai koefisien yang positif. Berdasarkan analisis regresi kepuasan pengunjung; aspek atmosfer berkegiatan, aspek aktivitas rekreasi, aspek kenyamanan berpengaruh secara signifikan, sedangkan aspek kontak sosial dan faktor keamanan dan keselamatan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. 


 


Kata kunci: kepuasan pengunjung, psikologi, sosial, taman kota, taman kota hutan kota (THK)

Authors

Reno Catelya Dira Oktavia
reno_cdo@yahoo.com (Primary Contact)
Hermanto Siregar
Tutut Sunarminto
Rachmad Hermawan
[1]
OktaviaR.C.D., SiregarH., SunarmintoT. and HermawanR. 2020. ANALISIS FAKTOR SOSIAL DAN PSIKOLOGI SEBAGAI PENENTU KEPUASAN PENGUNJUNG TAMAN KOTA DAN TAMAN HUTAN KOTA DI DKI JAKARTA: Analysis of Social and Psychological Factors Determining Satisfaction of Visitors to Urban Parks and Urban Forests Parks in DKI Jakarta. Media Konservasi. 25, 2 (Aug. 2020), 156-166. DOI:https://doi.org/10.29244/medkon.25.2.156-166.

Article Details

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>