Strategi Pemasaran Produk Kopi Ready to Drink (RTD) Industri Kecil Menengah Agroindustri Kopi Dompet Dhuafa di Bogor

  • Adhi Nur Hidayat PT Karya Masyarakat Mandiri
  • Sapta Raharja Departemen Teknik Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB
  • Budi Suharjo Departemen Matematika, FMIPA IPB
Keywords: IKM, Strategi Bauran Pemasaran, AIDA, AHP

Abstract

Industri Kecil Menengah Agroindustri Kopi Dompet Dhuafa (IKM DD) memproduksi kopi olahan serta memasarkannya di Bogor dan sekitarnya. Sejak diluncurkan pada November 2019, penjualan IKM DD belum mencapai target dan bersifat fluktuatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bauran pemasaran produk Kopi RTD, mengevaluasi dan merumuskan strategi bauran pemasaran yang tepat bagi IKM DD. Metode penelitian dilaksanakan secara deskriptif dengan mengevaluasi strategi bauran pemasaran dan tahap komunikasi pemasaran yang melibatkan konsumen dan calon konsumen IKM DD. Hasil evaluasinya digunakan untuk menginisiasi program yang relevan untuk mengoptimalkan strategi bauran pemasaran. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan prioritas strategi bauran pemasaran oleh pihak pengelola IKM DD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penilaian konsumen menunjukkan bauran pemasaran sudah efektif kecuali pada faktor promosi yang bernilai cukup. Hasil penilaian calon konsumen diperoleh tahap perhatian telah efektif sedangkan tahapan komunikasi berikutnya belum efektif. Hasil AHP menunjukkan bahwa tujuan strategi yang tepat bagi IKM DD adalah peningkatan pendapatan penjualan dengan menitikberatkan pada faktor bauran harga produk dari Kopi RTD. Adapun inisiasi program yang dapat dijalankan oleh IKM DD adalah menetapkan bauran harga berdasarkan kualitas produk, mengurus izin edar dan halal, menambah jumlah agen pada aspek distribusi, serta mengembangkan promosi produk yang lebih menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[AEKI]. Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. 2020. http://www.aeki aice.org/konsumsi_kopi_domestik_aeki.html diakses 16 Oktober 2020.
Kristiningrum, E., F. Setyaning, F. Isharyadi, A. Syafin A. 2018. Analisa Standar dan Strategi Industri Kopi Siap Minum Dalam Kemasan. Jurnal Standardisasi 18(3): 205-216.
Kurniawan, H., A. Satria, G. Suprayitno. 2016. Perancangan Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pembiayaan Umrah. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 2(1): 32-42.
Kusumawati, R, M.S. Maarif, S. Nurdiati. 2019. Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Taman Buah Mekarsari. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 5(1): 59-70.
Mahyardiani, R.R., Hartoyo, Krisnatuti. 2020. Menguji Kepuasan Dan Loyalitas Pasien RSIA Budi Kemuliaan Menggunakan Bauran Pemasaran. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 6(1): 1-13.
Novebriyanti, I. 2016. Penetapan Prioritas Strategi Bauran Pemasaran Single Origin Coffee di DR Coffe Jaya Raya Bandar Lampung. [Skripsi]. Bogor [ID]: IPB.
Pratama, S.A., A.M. Fauzi, Sukardi. Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Madu (Studi Kasus: PT Madu Pramuka). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 6(1): 179-187.
Rahayu, M.T., B. Suharjo, L.N. Yuliati. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Produk Melalui TV Home Shopping. 2018. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 4(2): 232-239.
Rahmalia, W., D.B. Hakim, R.R. Budidarmo. 2016. Sikap Terhadap Marketing Mix dan Proses Pengambilan keputusan Pembelian Konsumen pada Daebak Fan Cafe, Depok. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajeme 2(3): 230-238.
Shafira, N.A. 2018. Pengembangan Produk Minuman Kopi Siap Minum (Ready-To-Drink) Berdasarkan Preferensi Konsu-men Di Kota Bogor. [Skripsi]. Bogor [ID]: IPB.
Sudjarmoko, B. 2013. Prospek Pengembangan Industrialisasi Kopi Indonesia. Sirinov 1(3): 99-110.
Published
2022-02-02
How to Cite
HidayatA. N., RaharjaS., & SuharjoB. (2022). Strategi Pemasaran Produk Kopi Ready to Drink (RTD) Industri Kecil Menengah Agroindustri Kopi Dompet Dhuafa di Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(2), 128-137. https://doi.org/10.29244/mikm.15.2.128-137
Section
Vol. 15 No. 2