Strategi dan Penyaluran Dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Angkasa Pura II pada UKM Kota Tangerang

  • Rudi Laksono PT Daya Bangun Sejahtera
  • Musa Hubeis Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB; PS Pengembangan IKM SPs IPB
  • Sapta Raharja Departemen Teknik Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB
Keywords: Strategi, Kelayakan, Penyaluran Dana, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan

Abstract

Pentingnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di negara-negara sedang berkembang seringkali lebih dikaitkan dengan upaya pemerintah mengatasi berbagai masalah ekonomi maupun sosial, yaitu mengurangi pengangguran, pengentasan kemiskinan, dan pemerataan pendapatan. Tujuan Kajian ini secara umum mengkaji strategi dan penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Angkasa Pura (AP) II pada UKM di Kota Tangerang. Kajian menggunakan metode survei dan pengamatan langsung di lapangan dengan metode deskriptif dan analitik dengan alat analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) terbobot. Responden meliputi Deputi Direktur PKBL, Asisten Deputi Perencanaan dan Penyaluran PKBL, Asisten Deputi Pengawasan dan Pelaporan PKBL dan Supervisor. Penelitian ini dilakukan dari November 2015 sampai Maret 2016. Berdasarkan hasil pengamatan dan data yang dikaji diperoleh analisis strategik penyaluran dana program kemitraan yang telah dilakukan dengan matriks Internal-Eksternal (IE), posisi pengembangan penyaluran dana program kemitraan berada pada kotak kuadran II (grow and build). Strategi perusahaan berdasarkan analisis SWOT berbobot difokuskan pada pengembangan mutu dan kapasitas SDM; strategi pengembangan pasar dari produk PKBL; pengembangan jaringan pembinaan UKM dengan pihak lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apituley, E.G. 2012. Pelaksanaan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) PT Telkom dengan Menggunakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Berpola Klaster. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.
Kirana, H.S.T., A.H. Dwiatmanto. 2015. Analisis Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Usaha Mikro Dan Kecil (UMK) Untuk Mencegah Terjadinya Kredit Bermasalah Indonesia (Persero), Tbk Kandatel Malang Periode 2012-2014. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 25 No. 2p.1-10.
Prasetyo, P.E. 2008. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Kebijak-an Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran. AKMENIKA UPY, Vol. 2 No.1, p1-13.
Pristiyanto, M.H Bintoro dan S.T. Soekarto. 2013. Strategi Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Dalam Pembiaya-an Usaha Mikro di Kecamatan Tanjung-sari, Sumedang. Jurnal Manajemen IKM, Vol. 8 No. 1, p.27-35.
Purwanto. 2008. Peran BUMN dalam Pem-binaan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Penelitian Humaniora, 13 (2) : 19-32.
Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sharif, A., A. K. Irwanto dan T.N.A Maulana. 2015. Strategi Optimasi Sistem Mana-jemen Risiko Pembiayaan pada Bank Jabar Banten Syariah. Jurnal Manajemen IKM, Vol. 10 No. 2, p. 143-150.
Sugiyono. 2004. Statistik Nonparametrik untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Surat Keputusan Menteri Negara BUMN Nomor: PER-09/MBU/07/2015 tentang PKBL.
Susilo, S., M. Hubeis dan B. Purwanto. 2013. Pengaruh Karakteristik dan Perilaku UKM, serta Sistem Pembiayaan Ter-hadap Penyaluran Pembiayaan BNI Syariah. Jurnal Manajemen IKM, Vol. 7 No. 1, p.1-9.
Tambunan, T.H. 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia; Beberapa Isu Penting. Salemba Empat, Jakarta.
Wiyono, T., M. Hubeis, F.R. Zakaria. 2003. Analisa Strategis Pola Pembiayaan Kredit Mikro pada Bank BNI: Solusi Pemenuhan Permodalan Bagi Usaha Kecil. Jurnal MPI, Vol 1 No. 1, p. 1-11.
Published
2022-02-02
How to Cite
LaksonoR., HubeisM., & RaharjaS. (2022). Strategi dan Penyaluran Dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Angkasa Pura II pada UKM Kota Tangerang. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(2), 110-117. https://doi.org/10.29244/mikm.15.2.110-117
Section
Vol. 15 No. 2