Strategi Pengembangan Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Danakita Syariah

  • Erma Novijanti PS Pengembangan IKM SPs IPB
  • Musa Hubeis Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB; PS Pengembangan IKM SPs IPB
  • Fransiska R Zakaria PS Pengembangan IKM SPs IPB
Keywords: Koperasi, Koperasi Karyawan, Loyalitas, Strategi Pengembangan

Abstract

Koperasi memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia dan diharapkan dapat berperan sebagai pilar ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia secara adil dan merata. Tujuan penelitian ini: (1) menganalisis mutu pelayanan yang diberikan Koperasi Karyawan Danakita Syariah dalam meningkatkan loyalitas anggota, dan (2) menyusun strategi pengembangan loyalitas anggota Koperasi Danakita Syariah dalam mencapai target penjualan. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan 220 orang responden, teknik analisis data Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM PLS) dan analisis Strength, Weaknesses, Opportunity and Threats (SWOT). Berdasarkan hasil analisis data dengan metode SEM PLS memuat nilai Outer Loading, anggota tidak puas dengan pelayanan dari Koperasi Karyawan Danakita Syariah, namun masih sangat setia dengan keberadaannya yang ditunjukkan dengan nilai Outer Loading pada peubah loyalitas pelanggan/anggota sangat loyal. Strategi pengembangan loyalitas anggota Koperasi Karyawan Danakita Syariah dapat dilakukan melalui: (1) Pengoptimalan diversifikasi usaha dalam mencegah risiko usaha; (2) Peningkatan mutu pelayanan dengan meningkatkan komunikasi antara anggota dengan pengurus, transparansi pengurus terhadap anggota koperasi dan pembiayaan terhadap kebutuhan anggota; (3) Menambah dan meningkatkan akses pemasaran koperasi agar pendapatan koperasi menjadi lebih besar; (4) Penyediaan dana kredit yang mudah dan terjangkau bagi anggota koperasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifandy, F.P., Norsain, dan I.D. Firmansyah. 2020. Peranan Koperasi Dalam Meningkat-kan Perekonomian Masyarakat Nelayan: Perspektif Modal Kerja. Jurnal Akademi Akuntansi, Vol 3 No 1, p. 118-132.
Bardhani, M.A., F.R. Zakaria, N.S. Palupi. 2009. Analisis Persepsi Konsumen terhadap Produk Minyak Sawit Merah Sebagai Minyak Kesehatan (Studi Kasus: Perumah-an Ciomas Permai, Bogor). Jurnal Mana-jemen IKM, 4 (2): 185-194.
Griffin, J. 2009. Customer Loyalty: How to Learn It. How to Keep It. Jakarta (ID): Erlangga.
Joesron, T. Suhartati. 2005. Manajemen Strategik Koperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusumawardhani, F. 2018. Eksistensi Koperasi Bagi Masyarakat Umum Di Kelurahan Lem-bah Damai Kota Pekanbaru. Ensiklopedia of Journal, Vol 1, No 1, Oktober 2018.
Latan, H. 2012. Structural Equation Modeling: Konsep dan Aplikasi Menggunakan Program Lisreal 8.80. Bandung (ID). Alfabeta.
Limbong, L.O., M. Hubeis, M. Syamsun. 2010. Pengaruh Mutu Pelayanan dan Kinerja Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Danamon Cabang Bogor. Jurnal Manajemen IKM, 5 (2): 166-174.
Maeftahudin. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Aryadana Wonosobo dengan Kepuasan Anggota sebagai Variabel Intervening. Jurnal PPKM II (2017) 175-186, ISSN: 2354-869X.
McCallum, R.C., J.T. Austin. 2000. Applications of Structural Equation Modeling in Phsicolo-gical research. Annual Review Psycology. 51(2): 201-226. doi: 110.1146/annurev.psych. 51.1.201.
Pritandhari, M. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo).
Rangkuti, F. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung (ID). Alfabeta.
Suhartono, I. 2011. Strategi Pengembangan Koperasi Berorientasi Bisnis. Among Makarti, Vol.4 No.7, Juli 2011.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung (ID). Penerbit Alfabeta.
Syafraiansyah, M. 2015. Analisis Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Sentosa di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3 (1): 83-93 ISSN 2355-5408, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2015.
Wheelen, T.L, Hunger, J.D. 2018. Strategic Mana-gement and Business Policy. Globalization, Innovation, and Sustainability 15th Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited
Published
2022-02-02
How to Cite
NovijantiE., HubeisM., & ZakariaF. R. (2022). Strategi Pengembangan Loyalitas Anggota Koperasi Karyawan Danakita Syariah. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(2), 102-109. https://doi.org/10.29244/mikm.15.2.102-109
Section
Vol. 15 No. 2