Strategi Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Di Provinsi Sulawesi Selatan

  • Ahmad Zulfikar Bogor Agricultural University (IPB)
  • Harianto Harianto Depatemen Agribisnis, Institut Pertanian Bogor
  • Manuntun Parulian Hutagaol Depatemen Ilmu Ekonomi, Institut Pertanian Bogor
Keywords: AHP, Analisis Regresi Data Panel, Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Peningkatan penerimaan daerah dapat dilakukan melalui peningkatan komponen PAD itu sendiri seperti dengan meningkatkan komponen pajak dan retribusi daerah serta didukung oleh kebijakan yang terpat. Dampaknya variabel-vaiabel pendukung dari komponen PAD dapat tingkatkan dan berdampak terhadap peningkatan PAD. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis variabel-variabel yang memperngaruhi peningkatan penerimaan PAD di Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan komponen-komponen PAD menggunakan analisis regresi data panel dan menyusun strategi yang perlu diprioritaskan dan kebijakan untuk meningkatkan PAD di Provinsi Sulawesi Selatan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Secara statistika berdasarkan hasil analisis regresi data panel, faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi peningkatan komponen PAD di Sulawesi Selatan seperti pajak dan retribusi daerah secara positif yaitu variabel jumlah hotel dan kendaraan untuk komponen pajak, dan variabel jumlah rumah sakit, sekolah untuk komponen retribusi daerah. Strategi untuk meningkatkan PAD di Sulawesi Selatan dari hasil AHP melalui (a) inovasi terhadap sumber-sumber penerimaan, (b) pengembangan infrastruktur, (c) meningkatkan keahlian SDM pada pengola PAD, (d) memaksimalkan penerimaan pajak daerah, (e) membangun jaringan kerjasama antar instansi dan lembaga terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gani AIAA, Hidayat K, Pamungkas MGWEN. 2016. Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Dan Restoran Terhadap Penerimaan Pajak Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Jurnal Perpajakan. 8(1). 1-7.
Fitra H. 2016. Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Padang setelah dikeluarkannya Undang-Undang Otonomi Daerah. Jurnal Praktik Bisnis (JPB). 5 (1): 2302-9242.
Marimin, Maghfiroh N. 2010. Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor (ID): IPB Press.
Panjaitan NJ et al. 2018. Pengaruh Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Pajak Daerah. Jurnal EK & BI. 1(1).
Pergulistia E. 2018. Pengaruh Retribusi Pelayanan Kesehatan RSUD dan Retribusi Pelayanan Kesehatan Puskesmas terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Unstrat. Sumatera Utara.
Permadi B. 1992. AHP. Jakarta (ID): Pusat Antar Universitas – Studi Ekonomi UI.
Published
2023-12-29
How to Cite
ZulfikarA., HariantoH., & HutagaolM. P. (2023). Strategi Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Di Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 11(2), 64-70. https://doi.org/10.29244/jurnal_mpd.v11i2.52703
Section
Articles