KEPASTIAN TAKSONOMI DAN SEBARAN BELANGKAS Tachypleus tridentatus Leach 1819 DI PERAIRAN BALIKPAPAN TIMUR

  • . Erwyansyah Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Perairan, Sekolah Pascasarjana-IPB, Bogor
  • Yusli Wardiatno Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK-IPB, Bogor
  • Rahmat Kurnia Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK-IPB, Bogor
  • Nurlisa Alias Butet Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK-IPB, Bogor

Abstract

ABSTRAK

Belangkas Tachypleus tridentatus adalah salah satu hewan bentik laut yang menghuni perairan pesisir Balikpapan Timur. Informasi tentang populasi belangkas di lokasi masih terbatas, dan IUCN secara luas mengklasifikasikannya dalam kategori data deficient. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepastian taksonomi secara genetik dan sebaran T. tridentatus di perairan pesisir Balikpapan Timur. Belangkas diperoleh menggunakan alat tangkap nelayan setempat (dogol - sejenis pukat dan jaring insang) di daerah Teritip dan Manggar, masing-masing pada jarak sekitar 1 dan 2 mil dari garis pantai. Pengambilan belangkas dilakukan mulai Januari hingga Maret 2018 pada fase bulan berbeda. Belangkas yang tertangkap dihitung dan dicatat lokasi penangkapannya serta diamati karakter morfologinya untuk analisis sebaran dan sebagian belangkas diambil darahnya untuk analisis kepastian taksonomi dengan menggunakan penanda gen CO1. Karakter morfologi utama berupa telson yang berbentuk segitiga dan duri kecil yang banyak terdapat pada ophisthosoma, secara genetis menunjukkan bahwa jenis yang dikumpulkan adalah T. tridentatus. Sebagian besar belangkas yang ditemukan di lokasi penelitian adalah belangkas dewasa yang menyebar secara acak, dengan lebar prosoma berkisar antara 22,5 hingga 30,5 cm untuk jantan dan 28,5 hingga 37,5 cm untuk betina. Jumlah belangkas terbanyak ditemukan di daerah Teritip dan berdasarkan fase bulan terjadi pada kuarter ketiga. Penelitian ini menguatkan kepastian adanya jenis T. tridentatus di lokasi penelitian dengan ciri yang mudah dikenali serta konektivitas pergerakan T. tridentatus ke lokasi lain di sekitar perairan Balikpapan Timur.

 

ABSTRACT

The tri-spine horseshoe crab Tachypleus tridentatus is one of marine benthic animals inhabiting East Balikpapan coastal waters. Information on horseshoe crab population in the location is still limited and IUCN broadly classifies the crab in deficient data category. This study was aimed at elucidating the taxonomic certainty genetically and distribution of T. tridentatus in coastal waters of East Balikpapan. The crabs were collected by local gear of fisherman (dogol – a trawl like fishing-gear and gill net) in the Teritip and Manggar areas, each at a distance of 1 and 2 miles from coastline. Collecting takes place between January to March 2018 at different moon phases, location, number and morphological characters of the crabs was recorded and blood was taken from some individuals. Primary morphological characters in the form of triangular shape of telson and abundant tiny spines on ophisthosoma, genetically ascertained that the collected crab is T. tridentatus. Most of these crabs found was adult and randomly dispersed; with the width of prosoma ranged from 22.5 to 30.5 cm for males and 28.5 to 37.5 cm for females. The highest number of crab was found in the Teritip area and in the third quarter moon phase. This study reinforce the certainty of T. tridentatus in the study site with easily recognized morphological characters and the connectivity with other sites around Eastern Balikpapan waters.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-01
How to Cite
Erwyansyah., WardiatnoY., KurniaR., & ButetN. A. (2018). KEPASTIAN TAKSONOMI DAN SEBARAN BELANGKAS Tachypleus tridentatus Leach 1819 DI PERAIRAN BALIKPAPAN TIMUR. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis, 10(3), 547-559. https://doi.org/10.29244/jitkt.v10i3.21917