Dampak Iklan televisi Terhadap Sikap Konsumtif Ibu Rumah Tangga Masyarakat Adat (Kasus Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat)

  • Fetry Zulbeatri
  • Dwi Sadono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel apa saja dari karakteristik ibu
rumahtangga mempunyai hubungan dengan pola menonton iklan televisi, menganalisis sejauh mana
peranan iklan televisi dalam menumbuhkan sikap konsumtif ibu rumahtangga Kampung Naga dan
mengidentifikasi aturan adat yang dipegang masyarakat tersebut yang dapat mengontrolsikap
konsumtif ibu rumahtangga Kampung Naga.
Penelitian ini dilakukan di Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten
Tasikmalaya, yang merupakan salah satu kampung adat yang ada di Jawa Barat. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara melakukan wawancara tertutup
dengan kuesioner sebagai instrumen utama kepada sejumlah 42 responden.Analisis data yang
digunakan untuk melihat adanya keterhubungan antar variabel yaitu uji rank Spearman dan uji
statistik Pearson.
Faktor-faktor karakteristik ibu rumahtangga yang berhubungan dengan frekuensi menonton televisi
adalah usia, kepemilikan televisi, status dalam adat, tingkat pendidikan dan tingkat pengetahuan.
Variabel karakteristik ibu rumahtangga yang berhubungan dengan durasi menonton televisi adalah
usia, kepemilikan televisi, tingkat pensisikan, dan tingkat pendapatan. Karakteristik ibu rumahtangga
yang berhubungan dengan waktu menonton televisi hanya kepemilikan televisi., sedangkan variabel
yang berhubungan degan frekuensi memperhatikan iklan televisi adalah semua karakteristk ibu
rumahtangga kecuali status dalam adat.
Pada perubahan sikap konsumtif kognitif, waktu menonton televisi, waktu menonton televisi dan
frekuensi memperhatikan iklan yang tinggi. Perubahan sikap konsumtif afektif dipengaruhi oleh
seluruh variabel pola menonton iklan televisi, untuk perubahan sikap konsumtif tingkat konatif, tidak
satupun dari pola menonton iklan televisi berhubungan. Perubahan sikap mayarakat adat tidak ada
hubungannya dengan keterikatan mereka terhadap aturan adat.
Kata kunci: televisi, iklan, sikap konsumtif, ibu rumahtangga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-09-01
How to Cite
ZulbeatriF., & SadonoD. (2006). Dampak Iklan televisi Terhadap Sikap Konsumtif Ibu Rumah Tangga Masyarakat Adat (Kasus Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat). Jurnal Penyuluhan, 2(3). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v2i3.11441