Kekuatan Struktur Jembatan terhadap Beban Gempa (Studi Kasus: Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi STA 100+700)

Strength Analysis of Bridge Structure Based on Earthquake Load (Case Study: Cisomang Bridge Pubaleunyi Toll STA 100+700)

  • Khairurrijal Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan
  • Muhammad Fauzan
  • Sekar Mentari
Keywords: CSI Bridge, displacement, gempa, PCI girder

Abstract

Kejadian-kejadian gempa besar yang pernah terjadi di Indonesia, mengisyaratkan bahwa upaya preventif perlu dilakukan dalam perancangan struktural pada suatu jembatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis besarnya gaya dalam maksimum pada kondisi layan dan ultimit, menghitung jumlah tulangan PCI girder dan pier column, serta menganalisis periode getar, kekakuan struktur, dan displacement yang terjadi. Penelitian menggunakan data sekunder as built drawing jembatan berupa data gambar dan dimensi girder, deck, pier head, dan pier column serta data material Jembatan Cisomang. Metode yang digunakan adalah pemodelan dan analisis gaya dalam menggunakan software CSI Bridge ver 22. Nilai kekakuan dari struktur Jembatan Cisomang didapatkan sebesar 176.682,1 kN/m. Besarnya perpindahan yang terjadi masih dibawah nilai displacement izin sebesar 168 mm. Girder dapat menahan momen dengan jumlah tendon 21 diameter 13 mm dan tulangan lentur (162D16). Namun, jumlah tendon dan tulangan lentur tersebut tidak memenuhi syarat tulangan lentur maksimum. Tulangan eksisting pada pier column mampu menahan gaya dalam yang bekerja sehingga tidak diperlukan tambahan tulangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hastuti FD, Sarma M, Manuwoto. Strategi peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui investasi infrastruktur jalan dan jembatan di Provinsi Banten. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah. 2016; 8(1): 56-70.

Zarkasi I, Irpanni H, Arifien H. Penanganan Jembatan Cisomang ruas tol Cikampek-Padalarang: pembelajaran penanganan jembatan akibat pergerakan tanah clay shale. Jurnal Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia. 2018; 4(1): 25-36.

Hadi AL, Anjasmara IM, Yusfania M. Analisa kecepatan pergeseran di Wilayah Jawa Tengah Bagian Selatan menggunakan GPS-CORS tahun 2013-2015. Jurnal Teknik Institut Teknologi Sepuluh November. 2016; 5(2): 70-74.

Naryanto HS. Analisis potensi kegempaan dan tsunami di kawasan pantai barat Lampung kaitannya dengan mitigasi dan penataan kawasan. Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia. 2008; 10(2): 71-77.

Octora DD. Analisis perkuatan pilar jembatan dengan metode jacketing memperhitungkan initial load dan interface slip. [skripsi]. Bandung: Institut Teknologi Bandung. 2019.

Purwanto GS. Penyusunan alir tunai (cash flow) biaya pelaksanaan konstruksi Jembatan Cisomang – Jalan Tol Cipularang. [skripsi]. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2011.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 2016a. Standar Pembebanan Untuk Jembatan. SNI 1725:2016. Jakarta (ID): BSN. 2016.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 2016b. Standar Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. SNI 2833:2016. Jakarta (ID): BSN. 2016.

Julinanda Y. Analisis perilaku struktur jembatan cable stayed Dr. Ir. Soekarno di Manado pada tahap konstruksi. [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2016.

Miranda D. Analisis pengaruh gempa terhadap perilaku jembatan cable stayed Dr. Ir. Soekarno di Manado pada kondisi layan. [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2016.

Harahap MF, Fauzan M. Analisis Perilaku Struktur Gedung Bertingkat Dengan Analisis Dinamik Respon Spektrum Terhadap Beban Gempa. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. 2019; 4(3): 195-06.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan. RSNI T-02-2004. Jakarta (ID): BSN. 2004.

Unas SE, Wibowo A, Kartikasari R. Analisis dan desain kolom biaxial berdasarkan SNI 03-2847-2002 dengan menggunakan software Borland Delphi. Jurnal Rekayasa Sipil. 2007; 1(1): 43-56.

Published
2022-04-01
How to Cite
1.
Khairurrijal, Muhammad Fauzan, Sekar Mentari. Kekuatan Struktur Jembatan terhadap Beban Gempa (Studi Kasus: Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi STA 100+700): Strength Analysis of Bridge Structure Based on Earthquake Load (Case Study: Cisomang Bridge Pubaleunyi Toll STA 100+700). J-Sil [Internet]. 2022Apr.1 [cited 2024Apr.19];7(1):17-2. Available from: https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jsil/article/view/36446
Section
Research Articles