Media sosial instagram sebagai jaringan komunikasi sociopreneur

  • Wenny Maya Arlena Fakultas Komunikasi Desain Kreatif, Universitas Budi Luhur

Abstract

Meningkatnya kelompok sociopreneur ikan cupang menggunakan media sosial Instagram sebagai jaringan komunikasi dalam di wilayah Tangerang memanfaatkan sebagai media penjualan, branding, promosi. Namun akhirnya berkembang hingga di luar wilayah Tangerang. Data tersebut menjelaskan total pengguna Instagram di Indonesia mencapai 59.840.000. Pengguna Instagram menunjukkan pada gender perempuan paling dominan di Indonesia. Tercatat jumlah mencapai 50,8 persen, lebih unggul dari pada pria yang hanya 49,2 persen meskipun beda tipis. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah bagaimana media sosial Instagram sebagai jaringan komunikasi pada kelompok sociopreneur ikan cupang dalam meningkatkan produktivitas di wilayah Tangerang. Instagram memiliki fungsi dan peran sebagai media yang membantu untuk komunikasi interaktif antar kelompok sociopreneur. Kajian ini agar mengetahui media sosial Instagram sebagai jaringan komunikasi pada kelompok sociopreneur ikan cupang dalam meningkatkan produktivitas di wilayah Tangerang terjalin komunikasi interaktif yang dapat memberikan informasi bermanfaat bagi banyak orang khususnya bagi pemula yang ingin memulai atau mencoba berbisnis ikan cupang (peternak, jocky, breeder, pemain kontes, pecinta, juri kontes) dapat mereka lakukan sesuai yang dibutuhkan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena ingin menggali informasi lebih mendalam bagaimana Instagram sebagai media sosial yang digunakan komunikasi antara kelompok sociopreneur ikan cupang melalui jaringan komunikasi di wilayah Tangerang dalam meningkatkan produktivitas. Hasil Kajian ini menggunakan teori konvergensi interaksi simbolik dengan menganalisa tingkatan jaringan komunikasinya sebagai berikut: 1. Tingkatan Individu, 2. Tingkat Klik, 3. Tingkat sistem. Dengan demikian maka dapat terjalin kedekatan yang dapat menciptakan sebuah motivasi untuk dapat terus meningkatkan produktifitas dan bisnis mereka secara online, hal ini juga dapat menjadikan acuan untuk dapat hidup lebih baik, sejahtera dan makmur secara lahir dan batin di dalam kelompok percupangan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azlina, A. (2015) Pengaruh Aktifitas Pada Instagram Terhadap Sikap Mahasiswi Pengguna Instagram Di Bandung (Studi Pada Instagram Fashion Blogger Sonia Eryka).
E-Proceeding of Management, Agustus, 2-2
Badan Pusat Statistik (2020) Ekonomi Indonesia Triwulan 1 2020 Tumbuh 2,97
Persen. https://www.bps.go.id/ pressrelease /2020/05/05/1736/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2020-tumbuh-2-97-persen.html. Diakses 14 Mei, 2020
Creswell, John. (2008) Research Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Bandung: Pustaka Pelajar.
Diah Ajeng P, Partini, Sri Peni. (2018) Tantangan Sociopreneurs Yogyakarta di Era Comm 3.0 Submitted: Maret 2018, Accepted: Mei 2018 Profetik Jurnal Komunikasi, hlm. 12-25
Eriyanto. (2014) Analisis Jaringan Komunikasi. Jakarta: Prenada Kencana
Infante, Dominic, et al. (1993) Building Communication Theory: Second Edition. USA: Waveland Press, Inc.
Irma Paramita Sofia. (2015) Kontruksi Model Kewirausahaan Sosial Sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya #2 Volume 2 Maret 2015.
Kadushin, C. (2012) Understanding Social Networks: Theories, Concept, and Finding. New York: Oxford University Press.
Lilis Ramadanti, Yugih Setyanto. (2018) Pemanfaatan Instagram Dalam Sosialilasi Gerakan Selamatkan Pejalan Kaki (Studi pada Komunitas Koalisi Pejalan Kaki). Prologia, Vol. 2, No.2, Desember 2018, hlm 400-407. EISSN 2598-0777
Moleong, J Lexy. (2009) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Nasrullah, Rulli. (2015) Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa.
Neng Dewi, K., Riche Cinthya, J., Gema R. (2018) Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di UPT Perpustakaan Itenas2. E-journal.upi.edu. Tahun 8, Volume 8 No. 1 Mei 2018, hlm 1-17.
Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia.https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesi. Diakses: 15 mei 2020.
Sinungan, Muchdarsyah. (1995) Produk-tivitas: Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryadi, Israwati. (2010) Teori Konvergensi Simbolik. Jurnal Academica FISIP Universitas Tadulako, Vol. 2, No. 2. Edisi Oktober 2010. ISSN 1411-3341
Tamburaka, Apriadi. (2013) Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Wibowo, Hery, S. A. N. (2015) Kewirausahaan Sosial Merevolusi Pola Pikir Menginisiasi Mitra Pembangunan. Unpad Press.
Yusuf, A. Muri. (2014) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2021-12-15
How to Cite
ArlenaW. M. (2021). Media sosial instagram sebagai jaringan komunikasi sociopreneur . Jurnal Pustakawan Indonesia, 20(2), 84-97. https://doi.org/10.29244/jpi.20.2.84-97