Aksesibilitas Informasi Ilmiah Science Direct Pustaka Ristek Di Lingkungan Ristek Dan Lpnk

  • Wahid Nashihuddin
  • Rochani Nani Raha

Abstract

Kajian ini membahas tentang ketersediaan dan keteraksesan informasi ilmiah berupa artikel jurnal full text pada database ScienceDirect yang dilanggan oleh Ristek dan terintegrasi pada Portal Pustaka  Ristek. Pada Portal Pustaka Ristek terdapat sepuluh database ilmiah internasional, yaitu: ScinceDirect, Ebsco, Cengange Learning, IHS The Source, IGI Global, Ebrary, Proquest, dan IEEE, ACM Digital Library, Knovel (trial sekitar 1 bulan), serta dua database indeks sitasi karya ilmiah yaitu Thomson Reuters dan Scopus.Tujuan kajian ini untuk mengetahui sumber-sumber informasi ScienceDirect Pustaka Ristek, jumlah artikel dan topik jurnal full text yang telah diunduh oleh Ristek dan LPNK. Hasil kajian yaitu Ristek melanggan artikel jurnal full text ScienceDirect sebagian besar bidang sains dan teknologi. Hal tersebut berdasarkan pada ke empat bidang ilmu yang dilanggan Ristek yaitu Physhical Sciences and Engineering (8827 judul), Life Sciences (4784 judul), Health Sciences (4776 judul), dan Social Sciences and Humanities (3509 judul). Dari ke sepuluh instansi yang  mengakses konten artikel jurnal ScienceDirect (Ristek, LIPI, BAPETEN, BPPT, BATAN, LAPAN, BAKOSURTANAL, BSN, PUSPITEK, dan Administrator), diketahui LIPI merupakan instansi yang mengakses konten artikel jurnal full text ScienceDirect terbanyak, yaitu mengunduh sebanyak 115.504 artikel, dan PUSPITEK merupakan pengunduh artikel jurnal full text ScienceDirect paling sedikit yaitu sebanyak 855 artikel selama tiga tahun.

Kata Kunci: Information Resources; Scientific Information; International Databases; ScienceDirect; Pustaka Ristek Portal; Research Institutional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-28
How to Cite
NashihuddinW., & RahaR. N. (2016). Aksesibilitas Informasi Ilmiah Science Direct Pustaka Ristek Di Lingkungan Ristek Dan Lpnk. Jurnal Pustakawan Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.29244/jpi.12.2.%p