Membangun Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dengan CDS/ISIS

  • Yaya Suryanata

Abstract

Perkembangan teknologi infor-masi (komputer dan telekomunikasi) sangat dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang pekerjaan, terutama dalam hal ketepatan dan kecepatan proses.  Berbagai bidang pekerjaan telah banyak memanfaatkan teknologi informasi untuk menangani pekerjaan-pekerjaan rutin, seperti pekerjaan administrasi dan keuangan, pengelolaan database, pengolahan data, dan lain sebagainya.

Perpustakaan sebagai salah satu lembaga informasi dituntut untuk menggunakan dan mengikuti perkem-bangan informasi secara berkelanjutan.  Dengan harapan perpustakaan dapat meningkatkan peran dan fungsinya dalam memberikan mutu pelayanan yang baik kepada pemustaka, terutama dalam kegiatan pengelolaan database perpustakaan, penelusuran informasi, sirkulasi, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Perangkat lunak sebagai salah satu komponen dari teknologi informasi perkembangannya sejalan dengan per-kembangan teknologi informasi itu sendiri.  Perangkat lunak untuk database management systems (DBMS) telah banyak digunakan untuk membangun sistem informasi manajemen, terutama pada pekerjaan yang menangani data dalam jumlah banyak.  CDS/ISIS adalah salah satunya, dikeluarkan oleh UNESCO sejak tahun 1985.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-22
How to Cite
SuryanataY. (2016). Membangun Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Dengan CDS/ISIS. Jurnal Pustakawan Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.29244/jpi.12.1.%p