Pengaruh Variasi pH dan NaCl terhadap Produksi Inhibitor Protease yang Dihasilkan oleh Acinetobacter baumanii (Bakteri yang Berasosiasi dengan Spons Plakortis nigra)

Tati Nurhayati, Maggy T. Suhartono, . Desniar, Rini Suwardinni

Abstract

Mengingat semakin jelasnya keterlibatan protease dalam penyebab penyakit, maka diperlukan suatu senyawa untuk menghambat aktivitas enzim tersebut, yaitu inhibitor protease. Senyawa tersebut dapat dihasilkan oleh makro dan mikroorganisme laut. Untuk memproduksi inhibitor protease diperlukan suatu kondisi produksi yang tepat, termasuk NaCl dan pH media. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah menentukan konsentrasi NaCl dan pH yang tepat dalam media untuk menghasilkan inhibitor protease dengan aktivitas tertinggi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menumbuhkan Acinetobacter baumanii dalam media marine broth+glukosa 0,05 %(w/v) dengan melakukan variasi NaCl (0 %,2 %, dan 4 %(w/v)) dan juga pH (6,7, dan 8). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa konsentrasi NaCl yang tepat untuk produksi maksimum adalah 2 %(w/v) dan pH media 8 dengan waktu inkubasi 20-28 jam. Aktivitas tertinggi yang dihasilkan adalah 1,64-1,93 U/ml.

Kata kunci: Acinetobacter baumanii, inhibitor protease

Authors

Tati Nurhayati
jphpi@ipb.ac.id (Primary Contact)
Maggy T. Suhartono
. Desniar
Rini Suwardinni
NurhayatiT., SuhartonoM. T., Desniar., & SuwardinniR. (1). Pengaruh Variasi pH dan NaCl terhadap Produksi Inhibitor Protease yang Dihasilkan oleh Acinetobacter baumanii (Bakteri yang Berasosiasi dengan Spons Plakortis nigra). Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.17844/jphpi.v9i2.990

Article Details