Evaluation of Land Suitability for Selected Land Utilization Types Using Geographic Information System Technology: (Case Study in Bandung Basin West Java)

Ismail HJ Hashim, I Nengah Surati Jaya, Iwan Gunawan

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembangunan suatu model pemetaan kesesuaian lahan di suatu wilayah pedesaan dengan menggabungkan prosedur evaluasi lahan dengan pilihan-pilihan pengambilan keputusan dalam suatu sistem informasi geograjs (SIC). Studi ini mencakup 5 tahapan : (I) mendisain unit pemetaan lahan, (2), mendiagnosa tipe-tipe penggunaan lahan yang ada dun keperluan-keperluannya, (3) menganalisis kesesuaian lahan melalui "matching" antara unit pemetaan lahan dengan tipe penggunaan lahan, (4) mengintegrasikun data ke basis data relasional (sosial-ekonomi), dun (5) penyajian peta kesesuaian lahan melalui proses 'j'oin table"
antara hasil kesesuaian lahan dengan unit pemetaan lahan dalam SIC. Studi ini rnemperlihatkan bahwa sebagian besar unit pemetaan Iahan di areal studi sesuai dengan kesesuaian fisik dari penggunaan lahan (lebih dari 53% termasuk kedalam kelas kesesuaian sedang dun kesesuaian tinggi). Kesesuaian jsik yang diperoleh juga sejalan dengan kesesuaian ekonomi dimana BCR berkisar antara 1, I sampai dengan 1.38.

Authors

Ismail HJ Hashim
jmhtjournal@yahoo.com (Primary Contact)
I Nengah Surati Jaya
Iwan Gunawan
HashimI. H., JayaI. N. S., & GunawanI. (1). Evaluation of Land Suitability for Selected Land Utilization Types Using Geographic Information System Technology: (Case Study in Bandung Basin West Java). Jurnal Manajemen Hutan Tropika, 8(2). Retrieved from https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jmht/article/view/2743

Article Details