PENGARUH LAJU PENULARAN PENYAKIT DAN RATA-RATA KONTAK INDIVIDU PADA MODEL KO-INFEKSI HIV/AIDS DAN CACAR MONYET (MONKEYPOX)

  • Dini Dessya Luthfiani Mahasiswa S1 Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor
  • Paian Sianturi Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor
  • Ali Kusnanto Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor
  • Hadi Sumarno Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor

Abstract

Cacar monyet (monkeypox) adalah penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang. Penularan virus cacar monyet ke manusia dari hewan seperti monyet dan hewan pengerat terjadi melalui kontak langsung atau mengonsumsi daging hewan liar yang terkontaminasi. Dalam model ini, populasi hewan dibagi menjadi tiga subpopulasi dan populasi manusia dibagi menjadi sembilan subpopulasi. Hasil analisis diperoleh titik tetap bebas penyakit dan titik tetap endemik. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa pengaruh laju penularan penyakit dan rata-rata kontak individu merupakan parameter yang paling berpengaruh dalam model. Dengan simulasi numerik, ditunjukkan juga bahwa penurunan laju penularan dan kontak individu berimplikasi pada penurunan bilangan reproduksi dasar. Secara berangsur-angsur, tingkat populasi individu terinfeksi akan turun. Dus, pengontrolan kedua faktor tersebut akan mengakibatkan penyebaran penyakit cacar monyet terkendali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30