PENGARUH SAMPLE SIZE (N) DAN TEST LENGTH (n) TERHADAP ITEM PARAMETER ESTIMATE DAN EXAMINEE PARAMETER ESTIMATE, SUATU STUDI SIMULAS

  • R. BUDIARTI Bogor Agricultural University

Abstract

Studi yang mempelajari masalah pengukuran secara umum di bidang pendidikan dan mempelajari metode untuk menyelesaikannya, telah berkembang menjadi disiplin ilmu khusus yang dikenal dengan test theory. Test theory menyediakan kerangka kerja umum untuk melihat proses pembentukan instrumen tes (item test). Analisis item dapat dilakukan dengan pendekatan tes teori klasik (Classical Test Theory atau CTT) dan teori tes modern yang dikenal dengan  Item Respons Theory (IRT). Ada beberapa model respon item (item response model), yang berbeda banyaknya parameter dalam model.  Semua model IRT mengandung satu atau lebih parameter item dan satu atau lebih parameter examinee. Pada tulisan ini difokuskan pada model respon item dengan satu parameter examinee dengan dua parameter item. Parameter-parameter ini tidak diketahui, untuk itu perlu diduga. Agar hasil dugaan relatif stabil dan akurat, maka diperlukan sample size yang cukup. Tujuan dari paper ini adalah (1) menginvestigasi pengaruh sample size (N) terhadap kestabilan item  parameter estimate, (2) menginvestigasi pengaruh test length (n) terhadap kestabilan examinee parameter estimate. Kestabilan dugaan parameter item (a dan b) dipengaruhi oleh sample size, dan kestabilan parameter examinee (Ө) dipengaruhi oleh ukuran test length. Semakin besar sample size, maka pendugaan parameter item makin stabil, sedangkan semakin besar ukuran test length maka makin stabil dugaan parameter item.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-07-01