KEPUASAN AKSEPTOR TERHADAP PELAYANAN PEMASANGAN KONTRASEPSI IMPLAN DI PROVINSI BANTEN PASCA PANDEMI COVID-19

  • Oktriyanto Oktriyanto Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
  • Hilma Amrullah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
  • Yenie Wulandari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Abstract

Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Dampak tersebut diantaranya adalah pelayanan program keluarga berencana pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan akseptor terhadap pelayanan pemasangan kontrasepsi implan di Provinsi Banten pasca pandemi Covid-19. Desain penelitian menggunakan cross-sectional study. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Mei Tahun 2022 di Kota Cilegon dan Kota Serang, Provinsi Banten, dengan mempertimbangkan banyaknya jumlah calon akseptor kontrasepsi implan yang akan dilayani pada waktu pelaksanaan penelitian. Data diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan customer satisfaction index (CSI). Hasil Penelitian menunjukan bahwa 7 dari 10 responden sudah merasa puas terhadap pelayanan pemasangan kontrasepsi implan di Provinsi Banten. CSI dari dimensi keandalan paling rendah dibandingkan dimensi lainnya, disebabkan variabel tentang petugas keluarga berencana (PLKB/Kader KB) dan pemberi layanan (dokter/bidan) dianggap belum maksimal dalam memberikan penjelasan terkait keuntungan dan kerugian (efek samping) penggunaan kontrasepsi implan sebelum pelayanan. Berdasarkan temuan tersebut, petugas keluarga berencana maupun pemberi layanan perlu memberikan komunikasi, informasi dan edukasi secara menyeluruh pada akseptor sebelum pelayanan pemasangan kontrasepsi implan.

Author Biographies

Oktriyanto Oktriyanto, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Pusat Riset Kependudukan-Badan Riset dan Inovasi Nasional

Hilma Amrullah, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Pusat Riset Kependudukan-Badan Riset dan Inovasi Nasional

Yenie Wulandari, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Banten

References

Adi, U. P. S., Erwan, K., & Widodo, S. (2016). Analisis kebutuhan penyediaan ruang parkir akibat beroperasinya Rumah Sakit Kharitas Bhakti di Jalan Siam Kota Pontianak. JeLAST: Jurnal Elektronik Laut, Sipil, Tambang, 3(3), 1–10.
Akai, K., Aoki, K., Ueda, Y., & Kanetsuku, K. (2021). Redesigning parking facilities using a parking service satisfaction survey at Izumo local airport in Japan. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 11, 100433. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.trip.2021.100433
Akbar, F. H., Ulfah, U., & Maretta, Y. A. (2020). The effect of health services quality on satisfaction and loyalty in West Sulawesi Province, Indonesia. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 8 (D SE-Pedodontics and Preventive Dentistry), 150–157. https://doi.org/10.3889/oamjms.2020.4290
Anbari, Z., Mohammadi, M., & Taheri, M. (2013). Measurement of quality of hospital services via SERVQUAL model. Life Science Journal, 11(SPEC. ISSUE 6), 51–56.
Andria. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Pemakaian KB Implan Didesa Margamulya Wilayah Kerja Puskesmas Rambah Samo I. Jurnal Maternity and Neonatal, 2(2), 121-128
Danna, K., Angel, A., Kuznicki, J., Lemoine, L., Lerma, K., & Kalamar, A. (2021). Leveraging the Client-Provider Interaction to Address Contraceptive Discontinuation: A Scoping Review of the Evidence That Links Them. Global Health Science and Practice, 9(4), 948–963. https://doi.org/10.9745/GHSP-D-21-00235
El–Khateeb, T. T., & Mahmood, H. (2019). Measuring the Customer Satisfaction with the Quality of Hospital Services offered by Government: A Case Study of King Khalid Hospital Al-Kharj, KSA. May, 1–21.
Endartiwi, S. S., & Setianingrum, P. D. (2019). Kualitas Pelayanan Berhubungan Dengan Kepuasan Peserta JKN Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 22(3), 158–166. https://doi.org/10.22435/hsr.v22i3.897
Eshetie, G., Feleke, A., & Genetu, M. (2020). Patient Satisfaction and Associated Factors among Outpatient Health Service Users at Primary Hospitals of North Gondar, Northwest Ethiopia, 2016. Advances in Public Health, 2020, 6102938. https://doi.org/10.1155/2020/6102938
Fortuna, Y. (2016). Hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dalam pembentukan intensi pembelian konsumen Matahari Group di DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi, 18 (1): 93-103.
Glasier, A., & Gebbie, A. (2017). Family Planning/Contraception (S. R. B. T.-I. E. of P. H. (Second E. Quah (ed.); pp. 92–101). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-803678-5.00155-7
Gunawan, A. & Iqbal, I. QUALITY MEASUREMENT CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) METHOD AND IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DIAGRAM PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) Merak – Banten. Journal of Engineering and Management in Industrial System, [S.l.], v. 6, n. 1, p. p11-19, oct. 2018. ISSN 2477-6025. doi:http://dx.doi.org/10.21776/ub.jemis.2018.006.01.2.
Indrayanti, T., Jamhari, Mulyo, J. H., & Masyhuri. (2019). The analysis of community based agrotourism customer satisfaction in yogyakarta. Journal of Environmental Management & Tourism, 10(8), 1796-1806. doi:https://doi.org/10.14505/jemt.10.8(40).10
Kukstas, C. (2016). The contraceptive implant. InnovAiT, 9(8), 461–467. https://doi.org/10.1177/1755738016634119
Kusumarini, R. A. P. I., Fariyanti, A., & TinaprillaN. (2022).Consumer attitude and satisfaction by online application for ready-to-eat food delivery service in JABODETABEK. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 15(2), 192-204. https://doi.org/10.24156/jikk.2022.15.2.192
Lestari, A., & Rachmadini, A. F. (2019). Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Rendahnya Minat Ibu terhadap Penggunaan Implan. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia (Indonesian Midwifery Scientific Journal), 9(4), 169-174. https://doi.org/10.33221/jiki.v9i04.418
Manzoor, F., Wei, L., Hussain, A., Asif, M., & Shah, S. I. A. (2019). Patient Satisfaction with Health Care Services; An Application of Physician’s Behavior as a Moderator. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(18). https://doi.org/10.3390/ijerph16183318
Ndari, W. W., Dharminto, D., & Nugroho, D. (2016). Hubungan Tingkat Kemandirian dan Kualitas Pelayanan KB Dengan Level Kepuasan Akseptor KB Implan Di Puskesmas Pudak Payung Kota Semarang Triwulan I Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(3), 26-35. https://doi.org/10.14710/jkm.v4i3.12788
Niraula, T. P., & Poudel, S. R. (2019). Client Satisfaction in Health Service Management in Hospitals of Province One Eastern Nepal. Journal of Advanced Academic Research, 6(1), 29–45. https://doi.org/10.3126/jaar.v6i1.35323
Nuraina, N., Hamidah, A. N., Despal, D., & Taufik, E. (2022). The perception of the farmer on dairy cooperative feed mill logistics service using customer satisfaction index (CSI) and importance-performance analysis (IPA). IOP Conference Series.Earth and Environmental Science, 1001(1), 012025. doi:https://doi.org/10.1088/1755-1315/1001/1/012025
Park, S., Kim, H. K., Choi, M., & Lee, M. (2021). Factors affecting revisit intention for medical services at dental clinics. PLoS ONE, 16(5 May), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0250546
Prakoeswa, C. R. S., Hidayah, N., Dewi, A., Purnamasari, I., Adriansyah, A. A., & Yaqoub, A. M. (2022). Patient Satisfaction, Perception-Expectation Gap, And Customer Satisfaction Index In Annual Survey 2021 At Dr. Soetomo General Academic Hospital, Indonesia. Folia Medica Indonesiana, 58(2), 178-186. Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/patient-satisfaction-perception-expectation-gap/docview/2680631043/se-2
Putri, R.,P., Oktaria, D. (2016). Efektivitas intra uterine devices (IUD) sebagai alat kontrasepsi. MAJORITY, 5 (4): 138-141.
Rahmi, A. A., & Hadi, E. N. (2020). Determinan Pemilihan Implan Pada Pasangan Usia Subur Di Kecamatan Medan Petisah. Perilaku dan Promosi Kesehatan:Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(2), 52-58. DOI: 10.47034/ppk.v2i2.4144
Reyes-Martí, L., Rubio-Rico, L., Ortega-Sanz, L., Raigal-Aran, L., de la Flor-López, M., Roca-Biosca, A., Valls-Fonayet, F., Moharra-Francés, M., Escuriet-Peiro, R., & de Molina-Fernández, M. I. (2021). Contraceptive counselling experiences in Spain in the process of creating a web-based contraceptive decision support tool: a qualitative study. Reproductive Health, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s12978-021-01254-0
Riyadin. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat keluarga berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (studi kasus pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 2(1): 41-50.
Rocca, M. L., Palumbo, A. R., Visconti, F., & Di Carlo, C. (2021). Safety and Benefits of Contraceptives Implants: A Systematic Review. Pharmaceuticals (Basel, Switzerland), 14(6), 548. https://doi.org/10.3390/ph14060548.
Rusmin, M., Satrianegara, M. F., Ibrahim, H., Lagu, A. M. H., & Rahma, N. (2019). Gambaran Penatalaksanaan Program KB Melalui Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Al-Sihah : Public Health Science Journal, 11, 78–93.
Schreiber, C. A., & Barnhart, K. (2019). Chapter 36 - Contraception (J. F. Strauss & R. L. B. T.-Y. and J. R. E. (Eighth E. Barbieri (eds.); pp. 962-978.e4). Elsevier. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-323-47912-7.00036-6
Seftylia, C., & Cholil W. (2022) Application of the Customers Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) Methods to Measure Reader Satisfaction with the Quality of Website Services Indodaily.co. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3), 24525-24536 DOI https://doi.org/10.33258/birci.v5i3.6476
Setiati, N. W., Nurasiah, A., & Yuliani, I. (2021i). Hubungan Antara Pelayanan KB Implan Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor KB Implan Di Wilayah Kerja Puskesmas Mandirancan Kabupaten Kuningan. JOURNAL OF MIDWIFERY CARE, 1(2), 98-108. 10.34305/JMC.V1I02.255
Soin, K. S., Yeh, P. T., Gaffield, M. E., Ge, C., & Kennedy, C. E. (2022). Health workers’ values and preferences regarding contraceptive methods globally: A systematic review. Contraception, 111, 61–70. https://doi.org/10.1016/j.contraception.2022.04.012
Sulastri, S., Krisnani, H., Sari, D. P., & Ekawati, R. (2019). Penanganan unmet need KB di Kampung KB: studi kasus di dua Kampung KB Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Kependudukan Indonesia, 14(2), 119–136.
Tantarto, T., Kusnadi, D., & Sukandar, H. (2020). Analysis of service quality towards patient satisfaction (comparative study of patients using telemedicine application and face to face consultation in healthcare). European Journal of Business and Management Research, 5(5), 1–7. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2020.5.5.516
Teal, S., & Edelman, A. (2021). Contraception Selection, Effectiveness, and Adverse Effects: A Review. JAMA, 326(24), 2507–2518. https://doi.org/10.1001/jama.2021.21392
Thongmixay, S., Schoneveld, T., Vongxay, V., Broerse, J. E. W., Sychareun, V., & Essink, D. R. (2020). Quality of family planning services for women of reproductive age in Lao PDR. Global Health Action, 13(sup2), 1788261. https://doi.org/10.1080/16549716.2020.1788261
Wathoni, N., Alfauziah, T., & Rantika, N. (2018). Evolution of contraceptive implants: A review. International Journal of Applied Pharmaceutics, 10 (6), 16-22. https://doi.org/10.22159/ijap.2018v10i6.28391
Wiyani, N., A. (2020). Menciptakan layanan PAUD yang prima melalui penerapan praktik activity based costing. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(2), 175-186. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.175
Yulizar, Rochadi, K., Sembiring, R., Nababan, D., & Sitorus, M. E. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi PUS Dalam Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kecamatan Langsa. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 113-124. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.2736
Published
2023-01-01
How to Cite
OktriyantoO., AmrullahH., & WulandariY. (2023). KEPUASAN AKSEPTOR TERHADAP PELAYANAN PEMASANGAN KONTRASEPSI IMPLAN DI PROVINSI BANTEN PASCA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 16(1), 72-83. https://doi.org/10.24156/jikk.2023.16.1.72