FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU KONSUMSI KOPI DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Novie Nostalgia Adiwinata IPB University
  • Ujang Sumarwan IPB University
  • Megawati Simanjuntak IPB University
Keywords: gaya hidup, kopi, motivasi, perceived behaviour control, perilaku konsumsi

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, terjadi perubahan gaya hidup masyarakat salah satunya pada pola perilaku konsumsi kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perilaku konsumsi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu perceived behavioral control, motivasi, dan gaya hidup dan merumuskan implikasi menajerial yang dapat digunakan oleh para produsen kopi untuk mampu memasarkan produknya pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan media sosial. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengambil contoh adalah voluntary sampling sebanyak 200 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif signifikan antara motivasi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumen. Tidak terdapat pengaruh signifikan antara perceived behavioral control terhadap perilaku konsumsi. Implikasi manajerial yang dapat digunakan oleh para produsen kopi adalah produsen selalu konsisten menjaga mutu produk, selalu menggunakan inovasi terbaru pada produk minuman kopi agar lebih bervariasi, dan meningkatkan promosi produknya dengan memanfaatkan media sosial atau acara atau promo.

Author Biographies

Novie Nostalgia Adiwinata, IPB University

Sekolah Bisnis, IPB University, Terakreditas A

Ujang Sumarwan, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Terakreditas A

Megawati Simanjuntak, IPB University

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Terakreditas A

References

Ainiah, L. L. (2019). Analisis pengaruh utilitarian shopping motivation dan hedonic shopping motivation terhadap minat beli pada pusat perbelanjaan Mirota Kampus (Disertasi). Yogyakarta, ID: Universitas Teknologi Yogyakarta.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processed, 50(2), 179-211. doi:10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Amalia, Z. N., & Suyono, N. A. (2017). Faktor minat perilaku bertransaksi menggunakan e-commerce: Studi kasus pada mahasiswa perempuan S-1 fakultas ekonomi universitas sains Al-Qur’an Wonosobo. Jurnal Fakultas Ekonomi UNSIQ, 12(1), 1-23. Retrieved from http://sinta.lldikti6.id/authors/google/5976073?page=3.

Andi, S. J. S., Haghi, M., & Tonekaboni, N. R. (2018). Factors affecting fast food consumption behaviors of female students in North of Iran: Application of theory of planned behavior. Caspian Journal of Helath Research, 3(3), 75-79. doi:10.29252/cjhr.3.3.75.

Astuti, R. P. F. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, literasi ekonomi, dan lifestyle terhadap perilaku konsumsi mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 49-58. doi:10.30734/jpe.v3i2.36.

Basri, H., Shabri, M., & Wahyuni, D. (2016). Pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan religiusitas terhadap niat memiliki rumah berbasis pembiayaan Syariah di Kota Banda Aceh. Jurnal Megister Akuntansi, 6(2), 1-11. Retrieved from http://e- repository.unsyiah.ac.id/JAA/article/view/7733/6330.

Bhatnagar, A., & Ghose, S. (2004). A latent class segmentation analysis of e-shoppers. Journal of business research, 57(7), 758-767. doi:10.1016/S0148-2963(02)00357-0.

Bong, S. (2011). Pengaruh in-store stimuli terhadap impulse buying behavior konsumen Hypermarket di Jakarta. Ultima Management: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 31-52. doi:10.31937/manajemen.v3i1.175.

Budanti, H. S. (2017). Pengaruh lingkungan sosial dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 3(2), 1-14. doi:10.20961/bise.v3i2.16446.

Budiarti, A, & Puspita, E. M. (2016). Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian implusif melalui emosi positif pelanggan vans store Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(5), 1-16. Retrieved from jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id.

Chang, D. S., Chen, W. K., & Chen, C. C. (2017). The role of utilitarian and hedonic values on users’ continued usage and purchase intention in a social commerce environment. Journal of Economics and Management, 13(2), 193-220. Retrieved from https://EconPapers.repec.org/RePEc:jec:journl:v:13:y:2017:i:2:p:193-220.

Charumathi, D., & Varadaraj, A. (2019). Impact of hedonic and utilitarian shopping motive on online purchase decision. Center for Studies in European Integration Working Papers Series, 11, 6-16. Retrieved from https://econpapers.repec.org/RePEc:aem:wpaper:y:2019:i:11:p:6-16.

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modeling. Methods for Business Research, 295(2), 295-336. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/311766005_The_Partial_Least_Squares_Approach_t o_Structural_Equation_Modeling.

Demartoto, A., Kartono, D. T., & Solikatun, S. (2015). Perilaku konsumsi kopi sebagai budaya masyarakat konsumsi: Studi fenomenologi pada peminum kopi di kedai kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1), 227- 594. doi:10.20961/jas.v4i1.17410.

Efron, B., & Tibshirani, R. J. (1998). An introduction to the bootstrap (Ed 2). New York, US: Chapman & Hall.

Ghozali, I. (2008). Structural equation modeling metode alternatif dengan partial least square.

Semarang, ID: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS. Semarang, ID: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang, ID: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian ekonomi nasional akibat pandemi covid-19. BASKARA: Journal of Business & Entrepreneurship, 2(2), 83-92. doi:10.24853/baskara.2.2.83-92.

Hanzaee, K., & Irani, N. (2011). The effects of variety-seeking buying tendency and price sensitivity on utilitarian and hedonic value in apparel shopping satisfaction. International Journal of Marketing Studies, 3(3), 89. doi:10.5539/ijms.v3n3p89.

Hartuti, E. T. K. (2018). Analisis motivasi belanja hedonic dan utilitarian pada profil konsumen dalam kota. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 102-116. doi:10.32493/jpkpk.v1i2.857.

Husna, M., & Lubis, P. H. (2019). Pengaruh motivasi utilitarian dan motivasi hedonis terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada pengunjung Sport Station Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 230-244. doi:10.24815/jimen.v4i1.9081.

Iskandar & Rahmayanti. (2018). Pengaruh gaya hidup, kelompok teman sebaya, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi. Jurnal Ilmu Manajeman dan Bisnis, 9(2), 93-104. doi:10.17509/jimb.v9i2.19749.

Juliana. (2017). Pengaruh perceived behavioral control, subjective norm, dan attitude toward behavior terhadap intensi berwirausaha antara mahasiswa laki-laki dan perempuan STIE IT&B Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 1(4), 97-105. Retrieved from http://sciencemakarioz.org/jurnal/index.php/SIMANTEK/article/view/159/159.

Kanuk, L. L., & Schiffman, L. G. (2010). Consumer Behavior. Ed 7. New Jersey, US: Prentice Hall.

Khalikussabir, K., Mukorobin, A., & Wahono, B. (2020). Pengaruh religiusitas, norma subjektif, dan perceived behavioral control terhadap niat beli makanan berlabel halal: Studi pada mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2016. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(17). Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8298/6838.

Kim, J. W., Ozkara, B. Y., & Ozmen, M. (2017). Examining the effect of flow experience on online purchase: A novel approach to the flow theory based on hedonic and utilitarian value. Journal of Retailing and Consumer Services, 37(1), 119-131. doi:10.1016/j.jretconser.2017.04.001.

Kurniawati, N. I., Kohar, F., & Syuhada, S. (2015). Pengaruh motivasi dan harga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2015 Universitas Jambi. Artikel Ilmiah. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/4660/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf.

Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial least square: Konsep, teknik dan aplikasi SmartPLS 2.0. Semarang, ID: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Maslichah, Samudra, T. B., & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh sikap, norma subjektif, dan control keperilakuan yang dipersepsikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Baru. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(1), 127-143. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/6374/5254.

Mirkarimi, K, Mansourian, M, Kabir M.J., Ozouni-Davaji, R. B., Eri, M, Hosseini, S. G., Qorbani, M, Safari, O, Mehr, B., R., Noroozi, M, Charkazi, A, & Shahnazi, H. (2016). Fast food consumption behaviors in high-school students based on the theory of planned behavior (TPB). International Journal of Pediatrics, 4(7), 2.131-2.142. doi:10.22038/ijp.2016.7011.

Mu’arrofah, A., Munir, M., & Rokhim, A. (2020). Pengaruh sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat beli produk makanan dan minuman dalam kemasan berlabel halal di supermarket kabupaten Jember. Jurnal Istiqro, 6(2), 154-169. doi:10.30739/istiqro.v6i2.570.

Nielsen. (2020). Virus corona bawa berkah bagi kopi robusta?. Retrieved from https://market. bisnis.com/read/20200403/94/1221957/virus-corona-bawa-berkah-bagi-kopi-robusta.

Pandowo, M. H., Pangemanan, S. S., & Sangian, Y. G. (2020). Analyzing the factors that trigger consumers hedonic motivation in choosing local coffee shops and franchised coffee shops in manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 222-231. doi:10.35794/emba.v8i1.27505.

Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh gaya hidup (lifestyle) dan harga terhadap keputusan pembelian: Studi kasus pada pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 519-530. doi:10.14710/jab.v5i1.12725.

Pangestuti, E., Sunarti, S., & Wijaya, D. N. (2018). Pengaruh gaya hidup dan motivasi terhadap keputusan pembelian: Survei pada konsumen Starbucks Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(2), 68-74. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2272/2674.

Pathak, G., & Yadav, R. (2017). Determinants of consumers’ green purchase behavior in a developing nation: applying and extending the theory of planned bahavior. Ecological Economics, 134(C), 114-122. doi:10.1016/j.ecolecon.2016.12.019.

Praktiko, H., & Fatchurahman, M. (2012). Motivasi spiritual dan budaya sekolah berpengaruh terhadap kinerja professional dan perilaku konsumsi guru ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(1), 125-136. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan- pembelajaran/article/view/3131/557.

Purwanto, T., & Sukamdani, Y. (2016). Kepuasan pembelanja supermarket yang dipengaruhi motif belanja hedonic dan utilitarian mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Majalah Ekonomi, https://scholar.google.co.id/citations?user=j7aGI3QAAAAJ&hl=id.

Puspitawati, H. (2013). Riset pemasaran dan konsumen. Bogor, ID: IPB Press.

Rachma, N., Sholihah, U. M., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh shopping life style fashion involvement, hedonic shopping motivation dan sales promotion terhadap impulse buying di malang town square, dan mall olympic garden (study pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 6(1), 178-194. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=qczJDMoAAAAJ&hl=id.

Sahrazad, S. (2011). Gaya hidup dan motivasi berprestasi sebagai predictor terhadap prestasi akademik guru yang menjadi mahasiswa pasca sarjana Universitas Indraprasta PGRI Jakarta (Tesis). Salatiga, ID: Universitas Kristem Satya Wacana.

Siregar, E. I. S. (2015). Pengaruh gaya hidup terhadap status gizi pegawai Direktorat Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Medan (Tesis). Medan, ID: Universitas Sumatera Utara.

Solomon, M. R. (2017). Consumer behavior: buying, having, and being (Ed 12). England, UK: Pearson Education.

Statista. (2020). Coffee market price. Retrieved from dari https://www.statista.com/outlook/30010000/120/ coffee/indonesia#market pricePrUnit.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor, ID: Ghalia Indonesia.

Tawaqal, A. F. (2016). Ilusi uang: pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan batasan anggaran terhadap willingness to pay. Jurnal of Psychology, 4(1), 1-12. doi:10.15408/tazkiya.v4i1.10834.

Toffin. (2019). Riset toffin. Retrieved from https://toffin.id/?p=2830.

Wahyuningsih, W. (2015). Pengaruh gaya hidup hedonis, kecanduan berbelanja, keterlibatan fashion terhadap pembelian tidak terencana produk fashion global (Tesis). Yogyakarta, ID: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Published
2021-06-28
How to Cite
AdiwinataN. N., SumarwanU., & SimanjuntakM. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU KONSUMSI KOPI DI ERA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 14(2), 189-202. https://doi.org/10.24156/jikk.2021.14.2.189