Analisis Penerapan Model Business Intelligence pada Aplikasi Payment Point Online Banking dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran (Studi Kasus: Aplikasi ApotikKuota)

Altesa Yunistira, Dhomas Hatta Fudholi

Abstrak

Perkembangan bisnis era digital saat ini membuat stakeholder aplikasi ApotikKuota menyadari besarnya tantangan dalam dunia bisnis. Saat ini, data merupakan hal yang berharga dan memiliki nilai penting sehingga membuat stakeholder ApotikKuota memiliki fokus pada penanganan data yang baik. Data tersebut antara lain berupa transaksi penjualan, pelanggan, serta data lainnya yang akan berguna dalam pengambilan keputusan dalam penerapan strategi pemasaran. Selama ini, penanganan pemasaran didasarkan pada intuisi stakeholder tanpa melihat manfaat dari proses analisis data yang ada. Business intelligence menjadi solusi bagi perusahaan atau organisasi untuk menganalisis dan menyediakan akses ke data guna membantu mengambil keputusan secara lebih baik. Dalam penelitian ini, peneliti merancang dan membangun model business intelligence untuk mendukung strategi pemasaran pada bisnis payment point online bank. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan business intelligence dengan membuat dashboard pelaporan dan online analytical processing untuk membantu stakeholder mengambil keputusan. Hasil penelitian ini berupa penyajian informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder dalam proses pengambilan keputusan dengan mengacu pada penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang memiliki komponen 4P, yaitu price, product, place, dan promotion.



Kata Kunci: business intelligence, dashboard, payment point online bank, strategi pemasaran, pengambilan keputusan

Referensi

Kotler, P. and Armstrong, G. (2012) ‘Principles of Marketing Channel Management’, Journal of Marketing, 42(4), p. 105. doi: 10.2307/1250103.
Kurniawan, Y., Gunawan, A. and Gregorius Kurnia, S. (2014) ‘Application of business intelligence to support marketing strategies: A case study approach’, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 64(1), pp. 240–248..
Lubis, A. N. (2004) ‘Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis’, USU digital library, pp. 1–14.
Nelson, G. (2007) Introduction to the SAS® 9 Business Intelligence Platform: A Tutorial, Introduction to the SAS® 9 Business Intelligence Platform: A Tutorial. SAS Global Forum.
Tim SBF (2018) Apa itu PPOB? Retrieved from https://www.fastpay.co.id/blog/apa-itu-ppob.html
Verawati, I. (2016) ‘Analisis Hasil Studi Maahasiswa Melalui Penerapan Business Iintelligence Dengan Teknik OLAP’, Jurnal Ilmiah DASI, 17–4, pp. 63–64.
Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Penumpang Kereta Api, 2006-2019 (Ribu Orang). Retrieved April 7, 2019, from https://www.bps.go.id/dynamictable/2015/03/10/815/jumlah-penumpang-kereta-api-2006-2019-ribu-orang-.html
Badan Pusat Statistik. (2019). Jumlah Penumpang yang Berangkat pada Penerbangan Domestik di Bandara Utama Indonesia, 2006-2019 (Orang). Retrieved April 7, 2019, from https://www.bps.go.id/dynamictable/2015/03/10/812/jumlah-penumpang-yang-berangkat-pada-penerbangan-domestik-di-bandara-utama-indonesia-2006-2019-orang-.html

Penulis

Altesa Yunistira
altesayunistira@gmail.com (Kontak utama)
Dhomas Hatta Fudholi
Author Biography

Altesa Yunistira, Universitas Islam Indonesia

Mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Informatika UII
YunistiraA., & FudholiD. H. (2020). Analisis Penerapan Model Business Intelligence pada Aplikasi Payment Point Online Banking dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran (Studi Kasus: Aplikasi ApotikKuota). Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.29244/jika.7.1.1-10
Copyright and license info is not available

Rincian Artikel

Tidak ada artikel terkait yang ditemukan