Nitrification and denitrification in pond

  • Yuni Puji Pujihastuti Bogor Agricultural University, Department of Aquaculture

Abstract

More of waste than pond aquacultutre system produced, will increase sedimentation in the bottom.  Ammonium and nitrite compounds are other forms of inorganic nitrogen in the pond. Nitrogen anorganic consist of ammonia, ammonium, nitrit, nitrat and nitrogen. Degradation of process metabolic biota culture waste can biologically be nitrat compound one of the forms that are not toxic in the nitrification process.  Five process of nitrogen biogeochemical cycle in the container cultivation is the amonification, nitrification, nitrogen assimilation, denitrification and nitrogen fixation. Nitrogen is the one of the compound in the overlay/ top stratification sediment.  Improvement of speed degradation will be success if the pond bottom on aerobic condition. Survival rate of tiger shrimp in the laboratory scale can be increase by administration of nitrification and denitrification bacteria should not just in the water kolom of pond engineering but also at the bottom pond layer at the preparation step.  Depht of the sediment 15 cm in day zero, intensive pond have been produced of nitrit and ammonium with the producing bacteria.  Application of nitrification and denitrification bacteria in the sediment and water coloum can be performed as the measurenment and evaluation nitrit, nitrat and ammonium abudance.

Key words:  ponds, nitrogen inorganic, nitrification, denitrification

 

ABSTRAK

Semakin banyak limbah kegiatan yang dihasilkan dalam sistem budidaya tambak, akan meningkatkan sedimentasi dalam dasar tambak.  Senyawa amonium dan nitrit merupakan bentuk lain dari nitrogen anorganik dalam tambak. Nitrogen anorganik terdiri terdiri dari amonia (NH3-), amonium (NH4+), nitrit (NO2-), dan nitrogen (N2). Secara biologis, proses perombakan sisa metabolisme biota budidaya dapat menjadi nitrat (NO3), suatu bentuk yang tidak berbahaya dalam proses nitrifikasi.  Lima proses siklus biogeokimia nitrogen yang terjadi di wadah budidaya adalah amonifikasi, nitrifikasi, asimilasi nitrogen, denitrifikasi, dan fiksasi nitrogen. Nitrogen merupakan senyawa yang biasanya terletak di lapisan paling atas dalam sedimen.  Peningkatan kecepatan degradasi akan dapat dicapai jika sedimen berada dalam kondisi aerobik. Tingkat kelangsungan hidup udang pada uji skala laboratorium memperlihatkan bahwa penambahan bakteri nitrifikasi dan denitrifikasi terseleksi dapat meningkatkan kelangsungan hidup udang windu Aplikasi pemberian bakteri nitrifikasi dan denitrifikasi tidak seharusnya hanya dalam air saja, namun juga dalam pengolahan tanah dasar tambak.  Pada kedalaman sedimen 15 cm hari ke-0, tambak intensif telah terdapat bakteri penghasil nitrit dan amonium dan kelimpahannya semakin meningkat seiring dengan bertambahnya umur udang.  Aplikasi pemberian bakteri nitrifikasi dan denitrifikasi di sedimen dan kolom perairan dapat dilakukan seiring dengan pengukuran dan evaluasi kondisi nitrit, nitrat dan ammoniumnya.  Secara alami,  dalam kolom perairan telah terdapat senyawa nitrit, nitrat dan amonium, seberapapun itu perlu diimbangi dengan kebijakan dalam pemberian bakteri dari luar.

Kata kunci: tambak, nitrogen anorganik, nitrifikasi, denitrifikasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-01-01
How to Cite
[1]
PujihastutiY.P. 2011. Nitrification and denitrification in pond. Jurnal Akuakultur Indonesia. 10, 1 (Jan. 2011), 89-98. DOI:https://doi.org/10.19027/jai.10.89-98.