STRUKTUR PERILAKU DAN KINERJA PASAR TBS KELAPA SAWIT DI KECAMATAN NGABANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi saluran pemasaran TBS kelapa sawit di wilayah Kecamatan Ngabang dan menganalisis struktur perilaku dan kinerja pasarnya. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan metode purporsive sampling sehingga diperoleh tiga desa di wilayah Kecamatan Ngabang. Responden penelitian ini adalah produsen atau petani kelapa sawit dan semua organisasi yang berperan dalam pemasaran TBS kelapa sawit. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya tiga saluran pemasaran untuk TBS kelapa sawit: Saluran pemasaran 1 yaitu, dimulai dari petani menjual ke pedangang pengumpul dan kemudian ke agen besar yang mendistribusikan TBS ke pabrik. Selanjutnya saluran pemasaran ke 2, dimulai dari petani menjual ke agen besar kemudian langsung menuju ke pabrik. Serta saluran Pemasaran ke 3, di mulai dari petani menjual kepada pedagang pengumpul dan langsung menuju pabrik pengolahan. Struktur pasar pasar TBS kelapa sawit diidentifikasikan sebagai pasar oligopoli, hasil ini ditunjukan dari nilai pangsa pasar (market share), konsentrasi rasio (CR4), indeks Herfindahl, dan hambatan untuk masuk dan keluar pasar setiap lembaga pemasaran yang ada menunjukan nilai yang tidak berbeda jauh. Kinerja atau market performance masing-masing saluran pemasaran menunjukkan bahwa margin, bagian yang diterima petani dan keuntungan terbesar terdapat pada saluran pemasaran II.
Unduh
Rincian Artikel
Jurnal Agribisnis Indonesia (JAI) is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Creative Commons License
JAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit, and adapt the work provided the original work and source are appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Agribisnis Indonesia in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JAI are required to cite the original source, including the author's name, JAI as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant JAI the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.
Referensi
Alham, Fiddini, & Anzitha, S. (2020). Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Kota Langsa. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 7(1), 57–63. https://doi.org/10.33059/jpas.v7i1.2316
Amin, Z. (2014). Market concentration and farmers bargaining power in the marketing of fresh fruit bunches (FFB). Societa, III–2(9), 83–88. https://doi.org/10.32502/jsct.v3i2.59
Anggraeni, M. D., & Baladina, N. (2017). Analisis Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar Kentang di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 1(2), 69–79. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2017.001.02.1
Apriyanti, I., & Ramadhani, J. (2018). Strategi Pemasaran Kelapa Sawit Melalui Pendekatan Analisis Structure Conduct And Performance (SCP) di Kabupaten Simalungun. Jurnal Of Agribusiness Sciences, 2(1), 9-17. https://doi.org/10.30596/jasc.v2i1.2498
Aripin, S., Yusri, J., & Dewi, N. (2021). Analisis Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar Kelapa di Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir (Studi Kasus Desa Sari Mulya dan Desa Penjuru). Indonesian Journal of Agricultural Economics (IJAE), 12, 1–6. http://dx.doi.org/10.31258/ijae.12.1.1-13
Asmara, R., & Ardhiani, R. (2010). Integrasi Pasar Dalam Sistem Pemasaran Bawang Merah. Agricultural Socio-Economics Journal, X(3), 165–175. https://agrise.ub.ac.id/index.php/agrise/article/view/46/74
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Kelapa Sawit Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
Bachtiar, A. R., Rochdiani, D., & Sudrajat. (2017). Analisis Saluran pemasaran Kelapa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 4(1), 55–73. http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v1i3.138
Fahmi, I. A., Abubakar, R., & Afriyatna, S. (2021). Analisis Struktur Pasar Kentang Pada Pasar Relokasi di Plaju Palembang. Jurnal Agribisnis Indonesia, 9(2), 122–130. https://doi.org/10.29244/jai.2021.9.2.122-130
Jelliani, Maifianti, K. S., & Kriswanto. (2020). Analisis perilaku pasar tandan buah segar (TBS) kelapa sawit perkebunan rakyat di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Bisnis Tani, 6(2), 83–97. https://doi.org/10.35308/jbt.v6i2.3320
Karya, D., Heriyanto, & Asrol. (2021). Model Pemasaran Karet Alam Petani Swadaya di Kabupaten Kampar: Pendekatan Struktur, Perilaku dan Kinerja. Jurnal Agribisnis, 23(2), 321–336. https://doi.org/10.31849/agr.v23i2.9209
Khavidhurrohmaningrum. (2013). Strategi Dan Perilaku Industri Pengolahan Di Kota Semarang Tahun 2007-2011. Economics Development Analysis Journal, 2(3), 220–233. https://doi.org/10.15294/edaj.v2i3.1981
Kusworo. 2021. Analisis Tataniaga Tandan Buah Segar (TBS) di Desa Bandar Tenggulang Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin [skripsi]. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.
Dinas Perkebunan. (2017). Luas Lahan Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Landak. Kalimantan Barat.
Nasution, K. (2021). Analisis Pemasaran Kelapa Sawit di Desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan Provinsi Sumatera Utara. Wahana Inovasi, 10(1), 234-244.
Setiawan, J., Dewi, N., & Muwardi, D. (2015). Pemasaran Karet (Kajian Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar) di Kabupaten Kuantan Singiri Provinsi Riau. JOM Faperta, 7(2), 9–19.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartono, E., Suryanty, M., Badrudin, R., & Rohman, A. (2018). Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar Kelapa Sawit di Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 4(1). https://doi.org/10.18196/agr.4157
Sumiati, Rusida, & Idawati. (2017). Analisis Saluran Pemasaran Kelapa Sawit Di Desa Baku-Baku Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Journal TABARO, 1(1), 38–50. http://dx.doi.org/10.35914/tabaro.v1i1.13
Teguh, M. 2010. Ekonomi Industy. Depok: Raja Grafindo Persadda.
Watі, E., Yantі, N., Іlmu, S. T., & Pasaman, E. (2020). Analіsіs Saluran Pemasaran Tandan Buah Segar (Tbs) Kelapa Sawіt Dі Kabupaten Pasaman. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(1), 128–134.
Wildayana, E. (2016). Pendekatan Pengendalian Fluktuasi Harga Tandan Buah Segar Terhadap Pendapatan Petani Kelapa Sawit. Habitat, 27(3), 103–108. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2016.027.3.12
Yamin, F., Fariyanti, A., & Jahroh, S. (2021). Struktur, Perilaku dan Kinerja Pemasaran Ikan Cakalang di Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Agribisnis Indonesia, 9(2), 105–121. https://doi.org/10.29244/jai.2021.9.2.105-121