PENGEMBANGAN STRATEGI LABORATORIUM UJI PT XYZ

STRATEGY DEVELOPMENT FOR TEST LABORATORY OF PT XYZ

  • Adi Mulyadi Sekolah Bisnis, IPB University
  • Kirbrandoko Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Sahara Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University

Abstract

Increasing population, human welfare, awareness of product safety in order to meet the regulation requires a reliable test laboratory. Competition among service-laboratory made PT XYZ as a test laboratory faces competition with other laboratories. This research aimed to analyze the strategy development of PT XYZ in order to 1) analyze the company’s internal and external factors in the service laboratory industry, 2) determine company alternative strategies, 3) recommend the best strategy from these alternatives. The study used IFAS (Internal Factor Analysis Summary), and EFAS (External Factor Analysis Summary), IE (Internal External), and SWOT (Strengths Weakness Opportunities Threats) matrix. The internal analysis found five factors respectively, for strengths and weaknesses, while the external factor found five factors, respectively for opportunities and threats. The scores from IFAS and EFAS matrix analysis were of 2,785 and 2,583, respectively. These scores represented the company’s position in the IE matrix, which was on cell V. Thus, the related strategy was hold and maintain. The formulated alternative strategies were market penetration, product development, and service differentiation.

Keywords: alternative strategies, EFAS, IE, IFAS, service laboratory, SWOT

Abstrak: Populasi yang meningkat, kesejahteraan, kesadaran akan produk yang aman, dan untuk memenuhi kebutuhan regulasi diperlukan suatu laboratorium uji yang handal. Persaingan di bidang laboratorium layanan menjadikan PT XYZ sebagai laboratorium penguji harus mampu bersaing dengan laboratorium lain. Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan dalam industri laboratorium jasa, 2) menentukan strategi alternatif yang dapat dilakukan oleh perusahaan, 3) merekomendasikan strategi terbaik dari berbagai alternatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary), IE (Internal External), dan matriks SWOT (Strengths Weakness Opportunity Threaths). Analisis internal menunjukkan 5 faktor kekuatan dan 5 faktor kelemahan, sedangkan faktor eksternal menunjukkan 5 faktor peluang dan 5 faktor ancaman. Analisis matriks IFAS dan EFAS menunjukkan skor 2,785 dan 2,583. Skor ini menunjukkan bahwa posisi perusahaan pada matriks IE berada di sel V. Strategi yang tepat dalam kuadran ini adalah menjaga dan mempertahankan. Strategi alternatif yang dirumuskan untuk perusahaan adalah penetrasi pasar, pengembangan produk dan strategi diferensiasi layanan.

Kata kunci: alternatif strategi, IFAS, IE, EFAS, laboratorium jasa, SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahim MFH, Arief D, Rita N. 2014. Strategi pengembangan balai penelitian bioteknologi perkebunan indonesia. Jurnal Manajemen & Agribisnis. 11(3).: 199-208
Azzuhro M. 2015. Perencanaan strategik bisnis baru jasa salon dan spa studi kasus CV. XYZ [tesis]. Bogor : Sekolah Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor
David FR. 2013. Strategic Management, concept and case. 14th ed. New Jersey (US): Prince Hall. Upper Sadle River.
Dewi NR, Sukardi, Setiadi Djohar. 2018. Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Salon XYZ. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 4(3): 365-375. https://doi.org/10.17358/JABM.4.3.365
Dila P, Arif IS, Mukhamad N. 2014. Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing Sayuran Organik. Jurnal Manajemen dan Organisasi 5(3): 258-270. https://doi.org/10.29244/jmo.v5i3.12177
Hasnam LF, Rizal S, Ahmad MY. 2017. Strategi Pengembangan Bank Sampah di Wilayah Depok. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. 3(3). http://dx.doi.org/10.17358/jabm.3.3.407
Hutabarat, J dam Martani H. 2006. Pengantar Manajemen Strategik Kontempoler Strategik di Tengah Operasional. Jakarta (ID): Gramedia
Kamila R, Rizal S, Imam TS. 2017. Analisis Pengembangan Bisnis Madu Pada CV Ath-Thoifah Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Agribisnis Indonesia. 5 (2).: 173-184. https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.173-184.
Kaoje AU, Umar M, Yahaya M. 2017. Quality of Medical Laboratory Services in a Tertiary Health Institution in Sokoto, Nigeria. International Journal of Medical Laboratory. 4(4) :246-259
Kotler, P., K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. edisi 13th. Jilid 1. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga
Munandar. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Jasa Laboratorium Pangan (studi Kasus pada M-brio Food Laboratory):. Jurnal Manajemen dan Organisasi. II(3):67-78. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jmo/article/view/14209/10589
Nugroho AW. 2017 Strategi Bisnis PT Pelayaran Bahtera Adhiguna dalam Industri Pelayaran. (tesis). Bogor: Institut Pertanian Bogor. https://doi.org/10.29244/core.1.3.321-336.
Nurhasanah, N. 2013. Startegi Pengembangan Laboratorium Program Studi Teknik Industri di Universitas Al Azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi 2(1): 11-25. https://doi.org/10.36722/sst.v2i1.92.
Pearce II, J.A, Robinson Jr, R.B. 2014. Strategic Management-Formulation, Implementasion and Control. (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.
[PPPOMN] Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan. Laporan Tahunan PPOMN. https://www.pom.go.id/pppomn/pages/lap_tahunan. [10 Juli 2018]
Purwani, Lukman MB, imam TS. 2019. Formulasi Strategi bisnis Perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 3(2): 172-184. https://doi.org/ 10.17358/JABM.5.1.13
Putra IKPS, Rizal S, Sahara. 2017. The Business Model Analysis of Wika Lab Using Business Canvas Approach. European Journal of Business and Management. 9(2). Page 56-66.
Rachman IS, Aida VSH, Suryani SMF. 2017. Strategi Peningkatan Brand Loyalty dan Customer Satsfaction Bisnis Yogurt Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. 3(2). https://doi.org/10.17358/JABM.3.2.324
Singh H, Jeffry JM, Nur NAM, Soon Sigh. 2018. The Impact of Service Quality Deliveri Toward Customer SatisfactionIn Medical Diagnostics Laboratory Industry. The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication – TOJDAC. Special Edition, p.3054-3064. https://doi.org/10.7456/1080SSE/382.
Suprapto. 2017. Perencanaan Strategi SBU Mineral PT Sucofindo (Persero). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 3(2): 172-184. https://doi.org/10.17358/JABM.3.2.172
Suryani, D. Rizal S. Arif IS. 2014. Perancangan Balanced Scorecard Untuk Pengembangan Strategi di Seameo Biotrop. Jurnal Manajemen & Agribisnis. 11 (1):33-40
Wheelen TL, Hunger JD. 2012. Strategic management and busness policy. 13thed. Amaerican: Person Education, Inc. Upper Saddler River.
Wieklati. 1998.Analis Strategi Pemasaran Jasa Pelayanan Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan 1(01): 19-24
Widyastutik, Reni KA. 2014. Analisis Strategi Kebijakan Mutu dan Standar Produk Kayu Lapis dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Ekspor. Jurnal Agribisnis Indonesia. 2(1).; 75-92. https://doi.org/10.29244/jai.2014.2.1.75-92.
Published
2020-01-25
How to Cite
MulyadiA., Kirbrandoko, & Sahara. (2020). PENGEMBANGAN STRATEGI LABORATORIUM UJI PT XYZ : STRATEGY DEVELOPMENT FOR TEST LABORATORY OF PT XYZ. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 6(1), 14. https://doi.org/10.17358/jabm.6.1.14