Strategi Pengembangan Perusahaan Perdagangan Emas Wilayah Jabodeta (Studi Kasus PT XYZ)

  • Primasti Ramadhani Graha Mandiri
  • Lukman M Baga Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Bunasor Sanim Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor

Abstract

Emas telah teruji ketangguhannya sejak lama, selain sebagai logam mulia bernilai tinggi yang digunakan pada berbagai industri, bidang kedokteran, elektronik dan sebagai mata uang. Penelitian ini terkait dengan penurunan omset PT XYZ ditengah persaingan bisnis dibidang usaha perdagangan emas. Tujuan penelitian ini, yaitu mengidentifikasi model bisnis PT XYZ wilayah Jabodeta, ditinjau menggunakan pendekatan model bisnis kanvas saat ini; mengevaluasi 9 elemen bisnis PT XYZ menggunakan BMC; dan membuat formulasi strategi bersaing melalui faktor perubahan menggunakan model bisnis yang tepat bagi perusahaan. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis SWOT, Business Model Canvas (BMC) dan Blue Ocean Strategy (BOS). Hasil penelitian menunjukan adanya persaingan inovasi dari kompetitor, tingginya turn over sales serta strategi pemasaran yang kurang tepat sasaran membuat adanya penurunan pendapatan dari produk unggulannya berupa gadai dan pembelian emas secara cicilan.Hasil pengamatan Analisis SWOT perusahaan menghasilkan model bisnis perbaikan, terdapat beberapa eleman seperti key activities, cost strurcture dan key Resources dalam model bisnis kanvas yang perlu dilakukan pengkajian kembali agar perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor. Blue ocean strategy menghasilkan peluang baru bagi PT XYZ dengan menjadi penyedia dana talangan bagi nasabah untuk melakukan pembelian di toko emas yang telah bermitra dengan PT XYZ.

Kata kunci: perusahaan perdagangan emas, BMC, analisis swot, blue ocean strategi, emas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-05
How to Cite
RamadhaniP., BagaL. M., & SanimB. (2018). Strategi Pengembangan Perusahaan Perdagangan Emas Wilayah Jabodeta (Studi Kasus PT XYZ). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 4(3), 420. https://doi.org/10.17358/jabm.4.3.420