Pengaruh Aplikasi Giberelin Pada Padi Sawah (Oryza Sativa L.)Varietas Hibrida (Hipa Jatim 2) dan Varietas Unggul Baru (Ciherang)

  • Rizqi Caesar Utama IPB
  • . Sugiyanta IPB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh giberelin terhadap produksi padi varietas hibrida (Hipa Jatim) dan varietas unggul baru (Ciherang). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada bulan November sampai April 2014. Rancangan percobaan yang digunakan adalah adalah rancangan acak kelompok (RAK) Split Plot 2 faktor yaitu varietas sebagai petak utama dan dosis giberelin sebagai anak petak.Varietas yang digunakan yaitu Hipa Jatim 2 dan Ciherang. Dosis giberelin yang digunakan adalah 5.6 g ha-1, 8 g ha-1, 11.2 g ha-1, 16.8 g ha-1, 22.4 g ha-1, dan kontrol (tanpa aplikasi giberelin). Pengamatan yang diamati yaitu pertumbuhan tanaman, biomassa padi, komponen hasil dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum varietas Hipa Jatim 2 menunjukkan pertumbuhan tanaman lebih tinggi dibandingkan varietas Ciherang, tetapi varietas Ciherang mempunyai komponen hasil, biomassa padi, GKP dan GKG lebih tinggi dibandingkan varietas Hipa Jatim 2. Giberelin dengan dosis 22.4 g ha-1 secara umum menghasilkan komponen biomassa padi yang lebih tinggi daripada pemberian dosis lainnya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara verietas dan perlakuan beberapa dosis giberelin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-25
How to Cite
UtamaR. C., & Sugiyanta. (2016). Pengaruh Aplikasi Giberelin Pada Padi Sawah (Oryza Sativa L.)Varietas Hibrida (Hipa Jatim 2) dan Varietas Unggul Baru (Ciherang). Buletin Agrohorti, 4(1), 56-62. https://doi.org/10.29244/agrob.v4i1.15001