Pendekatan Metode Double Advancement Flap pada Operasi Tumor Kulit pada Anjing

  • Leni Maylina Departemen Klinik, Reproduksi dan Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor
  • Citra Ayu Lestari Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor
  • Elma Nefia Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor
  • Siti Sarah Ulia Animal Clinic Jakarta (ACJ), Jakarta Selatan
  • Christia Dilla Animal Clinic Jakarta (ACJ), Jakarta Selatan
  • Siti Komariah Animal Clinic Jakarta (ACJ), Jakarta Selatan
Keywords: anjing, double advancement flap Golden Retriever, King Charles Spaniel, tumor kulit

Abstract

Anjing King Charles Spaniel (KCS) dan Golden Retriever (GR) berumur dua tahun memiliki jenis kelamin jantan datang ke Animal Clinic Jakarta (ACJ) pada tanggal 8 November 2016 dengan gejala klinis adanya pertumbuhan massa kenyalyang menempel pada kulit di bagian thoraks kanan (KCS) dan di kaki kiri depan, ventral thoraks dan pada daerah scapula kanan (GR). Hasil pemeriksaan darah lengkap dan kimia darah menunjukkan kedua anjing boleh dilakukan anaesthesia untuk terapi pengangkatan tumor. Terapi yang dilakukan adalah operasi pengangkatan tumor dengan luka operasi ditutup menggunakan metode penjahitan double advancement flap. Terapi injeksi yang diberikan pada kedua anjing setelah operasi yaitu pemberian antibiotik Ceftriaxone®. Terapi oral untuk rawat jalan yang diberikan adalah Cefadroxil®dan Metacam®syrup. Tambahan terapi oral untuk anjing KCS adalah Metronidazole® dan Tramadol®. Operasi berhasil dengan baik dan kedua anjing diperbolehkan pulang dengan rawat jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Koch D. 2011. Handout Advanced Course in Small Animal Sur-gery [Internet]. [Diunduh 2017 Maret 28]. Tersedia pada: http://www.dkoch.ch/xp_wysiwyg_media/English_Website/Handout_Advanced_Course_in_Soft_Tissue_Surgery_2011.pdf.

Plumb DC. 2005. Veterinary Drug Handbook Ed-5.Iowa (US): Blackwelll Pub.

Thompson JJ. 2012. Canine mast cell tumours: characterization of subcutaneustumours and Thompson. JJ. 2012. Canine mast cell tumours: characterization of subcutaneustumours and receptor tyrosine kinase profilling [Thesis]. Ontario [CA]: University of Guelph.

Published
2017-08-14
How to Cite
MaylinaL., LestariC. A., NefiaE., UliaS. S., DillaC., & KomariahS. (2017). Pendekatan Metode Double Advancement Flap pada Operasi Tumor Kulit pada Anjing. ARSHI Veterinary Letters, 1(1), 5-6. https://doi.org/10.29244/avl115-6

Most read articles by the same author(s)

Diagnosis and treatment of Ehrlichiosis in a Pug dog

Desak Gede Bintang Pradnya Dewanti, I Putu Gede Yudhi Arjentinia, I Nyoman Suartha