Prakata

  • Prakata Jurnal TIN

Abstract

P R A K A T A


Pembaca yang budiman, kami tidak lupa hadir pada bulan yang penuh berkah ini dengan edisi : Volume 14, Nomor 2, Tahun 2004.  Kami mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1425 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin atas segala kekurangan dan kekhilafan kami di masa yang lalu dalam hal penerbitan maupun kesalahan kami lainnya.

Pada edisi ini, artikel-artikel menarik dapat pembaca aplikasikan dalam usaha kecil-menengah, seperti usaha memanfaatkan limbah (sampah organik) menjadi kompos yang digunakan untuk mensubstitusi atau sebagai suplemen (pelengkap) penggunaan pupuk kimia dan sebagai media tumbuh tanaman, khususnya tanaman anggrek.  Artikel mengenai minyak jarak mengupas gambaran potensinya menjadi minyak pengering melalui kajian kinetika proses dehidrasinya dengan katalis campuran natrium bisulfit dan atapulgit.  Artikel lain tentang kinetika ditujukan untuk pengolahan air lindi sampah (leachate) melalui penentuan nilai parameter kinetika lumpur aktifnya. Artikel tentang proses produksi metil ester sulfonat (MES) sebagai surfaktan anionik berbasis minyak sawit berpotensi untuk diterapkan di industri-industri, seperti : industri cleaning and washing product yang selama ini memanfaatkan surfaktan berbasis petrokimia.  Sebagai artikel penutup, pemanfaatan gel lidah buaya (Aloe vera) sebagai bahan tambahan dalam pembuatan sabun transparan, menjanjikan kelembutan dan kehalusan kulit bagi pengguna sabun transparan tersebut.

Selamat membaca.
How to Cite
TINP. J. (1). Prakata. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 14(2). Retrieved from https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4386