Prakata

  • Prakata Jurnal TIN

Abstract

P R A K A T A


Pembaca yang budiman,

Jurnal Teknologi Industri Pertanian edisi akhir tahun ini, memuat artikel-artikel menarik tentang pemanfaatan hasil pertanian dan limbah hasil pertanian dalam pengembangan agroindustri, sebagai contoh : lidah buaya dan “bee pollen”  dapat dimanfaatkan dalam pembuatan sabun opaque.  Selain sabun opaque, jenis sabun lainnya adalah sabun transparan, yang dalam artikel ini dibahas tentang pemanfaatan dietanolamida dari asam laurat minyak inti sawit untuk pembuatannya.  Pengaruh suplementasi daun ubi kayu terhadap fermentabiltas dan kecernaan in vitro ransum berpakan serat sawit hasil amoniasi dengan urea juga merupakan artikel yang menarik.  Selain itu aplikasi linier programing dalam formulasi pupuk organik berbasis kompos untuk berbagai tanaman juga diungkap sebagai topik pemanfaatan limbah hasil pertanian.  Artikel tentang pemanfaatan sludge limbah kertas untuk pembuatan kompos dengan metode Windrow dan Cina melengkapi jurnal edisi ini.

Kami mengharapkan artikel-artikel yang disajikan pada edisi ini dapat menambah wawasan pembaca dalam pendayagunaan sumberdaya alam terbarukan untuk pengembangan agroindustri di Indonesia.

Selamat membaca.


Ketua Dewan Editor
Ani Suryani
How to Cite
TINP. J. (1). Prakata. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 15(2). Retrieved from https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4303