Prakata

  • Prakata Jurnal TIN Dept. TIP

Abstract

P R A K A T A


Pembaca yang budiman,

Minyak atsiri merupakan komoditi potensial ekspor Indonesia.  Komoditi andalannya minyak nilam, minyak akar wangi, minyak pala, minyak cengkeh, mimyak sereh wangi dan komoditi minyak atsiri lainnya.

Sayangnya perdagangan minyak atsiri di Indonesia merupakan rantai tataniaga yang cukup panjang yang membuat petani sulit memperoleh harga yang baik dan transparan berdasarkan harga pasar yang berlaku. Petani hanya bisa menjual produknya kepada pedagang pengumpul (pengepul) dalam bentuk minyak atsiri kasar, kemudian dari pengepul dijual ke pedagang besar  atau eksportir, untuk selanjutnya dijual ke Industri.  Di Industri dilakukan proses pemurnian dan fraksinasi untuk meningkatkan nilai tambahnya.

Dalam edisi kali ini artikel-artikel yang disajikan dikhususkan pada hasil-hasil penelitian mengenai minyak atsiri dan produk turunannya, seperti sintesis mentol dari Citronellal minyak sereh wangi, pengembangan minyak atsiri sebagai aroma terapi dan produk sediaan formasi, penyulingan minyak jintan putih serta minyak sereh wangi dan geraniol dalam pembuatan skin lotion penolak nyamuk.

Semoga artikel ini dapat menambah khasanah pengetahuan bagi pembaca yang budiman

Selamat membaca


Ketua Dewan Editor
Ani Suryani
How to Cite
TINP. J. (1). Prakata. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 17(3). Retrieved from https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4231