Strategi Pengembangan Pasar Usahatani Pembesaran Ternak Babi di Kabupaten Tolikara, Papua

  • Datina Wenda Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tolikara
  • Musa Hubeis Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB
  • Nora H Pandjaitan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fateta IPB
Keywords: pemasaran, pengembangan pasar, strategi, ternak babi, usahatani

Abstract

Usaha peternakan babi sudah berjalan lama di Indonesia, tetapi pada umumnya masih dalam bentuk usaha sampingan yang bersifat tradisional. Peternak yang memelihara ternak babi secara tradisional (semi intensif) memanfaatkan ternaknya sebagai penampung sisa-sisa dapur atau sisa makanan dari restoran, yang sewaktu-waktu dapat dipasarkan menurut umur dan keperluan (tabungan). Tujuan penelitian adalah (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal usahatani ternak babi; (2) menganalisis kondisi pemasaran ternak babi; dan (3) menyusun alternatif strategi pengembangan pasar usahatani ternak Babi di Kabupaten Tolikara Papua. Penentuan responden dilakukan dengan metode purposive sampling, dimana pakar yang dipilih lima orang dan lima usaha tani. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif; analisis matriks EFE (External Factor Evaluation) dan IFE (Internal Factor Evaluation), matriks IE (Internal External); analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities and threats), dan analisis QSPM (quantitative strategic planning matrix). Berdasarkan hasil penjumlahan skor total pada matriks IFE 2,69, terlihat posisi strategi usahatani berada pada tingkat rataan yang mampu merespon iklim internal dan eksternal yang dimiliki. Matriks EFE 2,70, mengindikasikan posisi strategi usahatani pembesaran ternak Babi stabil dalam merespon situasi eksternal yang dihadapi. Perumusan strategi dengan matriks SWOT menghasilkan alternatif strategi yang diterapkan. Pemilihan strategi yang paling tepat untuk diimplementasikan dengan matriks QSP adalah (a) memperluas jaringan pemasaran; (b) meningkatkan pelayanan dan loyalitas konsumen; dan (c) memperkuat permodalan agar dapat bersaing dengan pesaing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aku, A.S., T. Saili, Amiruddin. 2013. Sebaran, Struktur Populasi dan Kinerja Reproduksi Babi Lokal Di Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Agriplus. 23(3): 188-192.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2014. Statistik Indonesia: Statistical yearbook of Indonesia 2014. Badan Pusat Statistik. Jakarta (ID).
David, F.R. 2011. Manajemen Strategi (Terjemahan). PT. Prenhallindo. Jakarta (ID).
[Ditjen PKH] Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2013. Produksi Daging Unggas Menurut Provinsi dan Jenis Unggas 2011-2013. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Jakarta (ID).
Hutagaol, R., M. Hubeis, S.T. Soekarto. 2010. Kajian Strategi Pemasaran Es Krim Baltic di PT. Balticindo Jayafood Jakarta. Jurnal Mana-jemen IKM. 5(2): 122-131.
Kartika, E.W., T.S, Kaihatu. 2010. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuas-an Kerja. Jurnal Manajemen dan Kewira-usahaan. 12(1): 100-112.
[Kementan] Kementerian Pertanian. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019. Biro Perencanaan Kementerian Perta-nian. Jakarta (ID).
Kusuma, T., S. Raharja, A Saleh. 2013. Strategi Pemasaran Sapi Potong di CV Septia Anugerah Jakarta. Jurnal Manajemen IKM. 8(1): 71-78.
Ling, A. 2013. Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Agora. 1(1): 1-8.
Martinova, A. 2010. Harga Pokok Produksi Ternak Babi (Kasus Peternakan Babi RachelFarm, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). [Skripsi] Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan. IPB.
[Pemprov] Pemerintah Provinsi Papua. 2016. Potensi Pengembangan Sapi Potong dan Babi di Papua. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Papua (ID).
Rothschild, M.F, A. Ruvinsky, G. Larson, J. Gongora, T. Cucchi, K. Dobney, L. Andersson, G. Plastow, F.W. Nicholas, C. Moran. 2011. The genetics of the pig. 2nd ed. CAB International. London (UK).
Samuel H, Foedjiawati. 2005. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 7(1): 74-82.
Sapanca PLY, Cipta IW, Suryana IM. 2015. Peningkatan Manajemen Kelompok Ternak Babi di Kabupaten Bangli. Jurnal Agrimeta. 5(9): 18-25.
Sasongko F, Subagio H. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Mana-jemen Pemasaran Petra. 1(2): 1-7.
Sihombing, D.T.H. 2006. Ilmu Ternak Babi. Gajah Mada University Press. Yogyakarta (ID).
Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung (ID).
Yansah, R.A., B. Hartono, M.B. Hariyono. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan. 23(1): 30-34.
Published
2020-11-23
How to Cite
WendaD., HubeisM., & PandjaitanN. H. (2020). Strategi Pengembangan Pasar Usahatani Pembesaran Ternak Babi di Kabupaten Tolikara, Papua. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 14(2), 160-168. https://doi.org/10.29244/mikm.14.2.160-168
Section
Vol. 14 No. 2