Cara mengirim artikel

(Document revised on 30 November 2017)

Click on the image to enlarge

Bahasa Indonesia:

Berikut ini adalah cara mengirimkan artikel ke dalam sistem Open Journal Sistem:

Setelah anda menyelesaikan proses registrasi akun seperti langkah di atas, anda akan memiliki hak sebagai “Author” dan akun anda akan memiliki kemampuan untuk mengirimkan jurnal kedalam sistem OJS JITKT.

Step 1. Starting the subsmission.

Dalam daftar “Submission Checklist” pastikan jurnal atau artikel yang anda kirim sudah memenuhi persyaratan yang ada di dalam daftar tersebut. Anda bisa memasukkan pesan untuk Editor JITKT terkait jurnal/artikel yang anda submit untuk diproses lebih lanjut (Gambar 1).

Gambar 1. Step 1. Starting the Sumission.

Step 2. Uploading the Submission

Langkah berikut mengharuskan anda meng-unggah dokumen jurnal/artikel yang ingin anda submit kedalam sistem Open Journal System JITKT. Pastikan anda memilih dokumen yang tepat dengan format .doc atau .docx (Gambar 2).

Gambar 2. Proses unggah berkas kedalam Open Journal System JITKT.

Step 3. Entering the Submission's Metadata

Dalam proses ini, anda diharuskan mengisi informasi mengenai jurnal/artikel yang anda submit. Untuk proses pertama adalah menambahkan penulis yang berkontribusi kedalam penulisan jurnal/artikel yang anda submit ke JITKT.

Untuk menambahkan author selanjutnya (apabila lebih dari 1) maka anda bisa menambahkan form lanjutan untuk Author, dengan mengklik tombol “Add Author”, serta tambahkan informasi untuk “Principal contact for editorial correspondence”, Principal contact dimaksudkan sebagai kontak utama yang nanti akan digunakan oleh Editor untuk mengirimkan hasil review dan editing. Selain itu dibagian “Title and Abstract” anda diharuskan menambahkan informasi judul dan abstrak singkat yang anda gunakan untuk jurnal/artikel yang anda submit. Serta tambahkan juga keywords yang mendukung untuk jurnal/artikel anda dibagian “Indexing”. Setelah semua informasi terkait jurnal/artikel yang anda submit dimasukkan dan sesuai maka anda bisa melanjutkan ke proses selanjutnya dengan meng-klik tombol “Save and continue”, detail lebih lanjut dicontohkan dalam Gambar 3.

Gambar 3. Enter Metadata.

Step 4. Uploading Supplementary Files

Proses ini merupakan proses tambahan, dengan kondisi apabila anda menghendaki untuk menambahkan beberapa file mengenai  (a) research instruments, (b) data sets, (c) sumber tambahan yang tidak bisa ditampilkan untuk pembaca akan tetapi dibutuhkan dalam proses review, (d) gambar dan tabel yang tidak bisa di tampilkan di dalam jurnal/artikel, atau materi lain yang berhubungan dengan jurnal/artikel yang anda submit (Gambar 4). Setelah selesai anda bisa klik tombol “Save and continue”.

Gambar 4. Unggah file tambahan.

Step 5. Confirming the Submission

Setelah semua file tambahan berhasil anda unggah, sistem akan mengkonfirmasi kembali file tambahan yang anda tambahkan. Apabila anda merasa semua sudah terunggah dan terlengkapi segala informasi mengenai jurnal/artikel yang anda submit di Open Journal System JITKT, silahkan klik tombol “Finish Submission” (Gambar 5).

Gambar 5. Confirming the Submission.

Setelah selesai, maka jurnal/artikel anda akan masuk kedalam Open Journal System JITKT, dan akan segera ditunjuk Editor dan Reviewer untuk jurnal/artikel anda. Perhatikan status jurnal anda di menu “Active Submission”. Untuk mengakses menu tersebut, pilih menu “My Journals” lalu pilih pada menu “1 Active” pada menu Author (Gambar 6).

Gambar 6. Menu Active Submission pada User Home.
Gambar 7. Status jurnal “Awaiting assignment”.

Setelah Editor JITKT menunjuk salah seorang Reviewer, maka anda akan menerima email dari Open Journal System JITKT untuk melakukan proses Blind Peer Review. Untuk langkah selanjutnya, perhatikan email dari Open Journal JITKT dan login kedalam sistem untuk mengetahui status lebih lanjut mengenai jurnal/artikel yang anda kirim.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi jurnalitkt@apps.ipb.ac.id