Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Lingkungan di PAUD Alam Al Firdaus, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang

  • Minanti Putri Center for Alternative Disupute Resolution and Empowerment, Bogor Agricultural University
  • Ikrimatul Maknun

Abstract

Kondisi lingkungan Indonesia semakin terancam. Pembangunan infrastruktur yang tidak memperhatikan lingkungan menjadi salah satu faktor kerusakan lingkungan. Anak usia dini sebagai calon agen perubahan harus mampu menerapkan hidup ramah, peduli, dan cinta lingkungan untuk menjadikan dunia sebagai tempat tinggal yang lebih baik. PAUD Alam Al Firdaus menerapkan pendidikan berbasis lingkungan baik secara teori maupun praktik pembelajaran. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji program pemberdayaan masyarakat di PAUD Alam Al Firdaus, manfaat pendidikan lingkungan untuk anak usia dini, dan integrasi pendidikan berbasis lingkungan. Pendidikan lingkungan yang di adopsi oleh PAUD Alam Al Firdaus memiliki inovasi sistem berupa sekolah berbayar sampah dan sodaqoh sampah. Dalam inovasi ini, para siswa diajarkan untuk memilah dan mengolah sampah baik organik maupun anorganik. Manfaat pembelajaran lingkungan pada anak usia dini tentunya untuk menerapkan hidup ramah, peduli, dan cinta terhadap lingkungan serta untuk menjaga keseimbangan lingkungan baik sosial maupun alam. Integrasi pendidikan berbasis lingkungan ini mampu menjadi motivasi bagi murid dan wali murid untuk terus menjaga lingkungan sekitar karena efek yang dirasakan besar untuk kehidupan masa kini maupun yang akan datang
Published
2019-08-22
How to Cite
PutriM., & MaknunI. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Lingkungan di PAUD Alam Al Firdaus, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang. Jurnal Resolusi Konflik, CSR Dan Pemberdayaan (CARE), 3(1). Retrieved from https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnalcare/article/view/26871