Model Pemberdayaan Peternak Desa Pasirukem Melalui Inovasi Budidaya Ternak Domba Terpadu di Wilayah Operasi PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang

Kurnia Bagus Ariyanto, Adi Firmansyah

Sari


PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang mempunyai komitmen yang besar terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan. Untuk itu melalui program CSR, PT Pertamina EP bekerja sama dengan CARE LPPM IPB melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan efektifitas peternakan domba dan meningkatkan kapasitas peternak domba di Desa Pasirukem, Karawang. Program ini dimaksudkan agar masyarakat (khususnya)
peternak yang berada di Pasirukem mampu secara mandiri melakukan inovasi guna meningkatkan kapasitas produksi serta pendapatan ekonomi dari bidang peternakan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode partisipatif dengan menempatkan masyarakat sebagai subjek dalam setiap aktivitas kegiatan, dimulai dari perencanaan, implementasi, monitoring, dan evaluasi. Tiga kegiatan inovasi utama yang dilakukan di masyarakat peternak pada tahun 2016, antara lain: (1) Burger Pakan; (2) Jamu Kesehatan Ternak; (3) Demplot Biogas. Burger pakan merupakan complete feed yang berasal dari pemanfaatan limbah pertanian/ agroindustri yang bertujuan untuk mengurangi limbah yang menumpuk demi tercapainya konsep zero waste agriculture.
Jamu kesehatan ternak merupakan program peningkatan kesehatan ternak dengan menggunakan tanamantanaman lokal dan hasilnya menunjukan bahwa pemberian jamu kesehatan ternak memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan ternak. Biogas merupakan program pemanfaatan kotoran hewan yang pada awalnya menumpuk menjadi energi bersih berupa gas rumah tangga dan pupuk organik yang bermanfaat untuk tanaman.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.