Analisis Tingkat Burnout Guru MTS Assa’idiyyah Ditinjau dari Tipe Kepribadian Disc

Zulvy Noor Islami, Lindawati Kartika

Abstract


MTs Assa’idiyyah sebagai salah satu madrasah swasta memiliki guru sebagai penggerak utama kegiatan organisasi. Guru merupakan salah satu pekerjaan yang rentan terkena burnout atau gejala kejenuhan. Selain itu, setiap guru juga memiliki kepribadian yang berbeda sehingga memiliki respon yang berbeda juga terhadap burnout. Oleh karena itu, diperlukan penelitian sebagai bahan evaluasi kepribadian guru dan tingkat burnout yang mungkin mereka miliki. Tujuan penelitian adalah (1) Menganalisis tipe kepribadian DISC yang terdapat pada guru MTs Assa’idiyyah (2) Menganalisis tingkat burnout yang dialami oleh guru MTs Assa’idiyyah (3) Menganalisis perbedaan tingkat burnout antara beragam tipe kepribadian pada guru MTs Assa’idiyyah. Metode analisis data yang digunakan ialah Anova dengan satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian DISC yang mempengaruhi tingkat burnout guru ialah kepribadian yang terdapat pada graph 3 atau kepribadian sebenarnya dengan urutan Dominant, Compliance, Steady, dan Influence.

Keywords


Anova; burnout; DISC; guru; kepribadian

Full Text:

PDF


View My Stats

 

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen

Jalan Kamper Wing 2 Level 5

Kampus IPB Dramaga

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.