Analisis Efektivitas Program Promosi IMOVSES terhadap Tingkat Penggunaan Produk Microsoft Berlisensi pada Sivitas IPB

Ifan Hernata Sembiring, Jono M Munandar

Abstract


Institut Pertanian Bogor (IPB) Microsoft Open Value Subcscription for Education Solution atau IMOVSES merupakan program promosi Microsoft yang dikelola oleh IPB dalam rangka memperkenalkan sekaligus meningkatkan penggunaan produk Microsoft berlisensi kepada sivitas akademika IPB dengan cara menawarkan produk Microsoft berlisensi dengan potongan harga yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik sivitas IPB terkait keputusan penggunaan software berlisensi, menganalisis respon sivitas IPB terhadap program promosi IMOVSES, serta menganalisis efektivitas penganggaran biaya program promosi IMOVSES. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik sivitas IPB adalah chi square, untuk menganalisis respon sivitas digunakan EPIC Model dan Direct Rating Method, sedangkan untuk menganalisis efektivitas penganggaran promosi digunakan analisis regresi. EPIC Rate yang dihasilkan adalah sebesar 3,15, yang menunjukkan bahwa promosi berada pada rentang cukup efektif. Nilai direct rating (ǧ) diperoleh sebesar 64,14, yang menunjukkan bahwa promosi masuk dalam kategori baik. Persamaan regresi yang diperoleh adalah “Jumlah sivitas = 27,2+0,000027 Biaya promosi” yang menunjukan bahwa apabila biaya promosi ditambah sebesar Rp100.000,- akan menambah jumlah sivitas sebanyak 3 orang. Dibutuhkan setidaknya biaya sebesar Rp127.300.000,- untuk menjadikan program promosi efektif secara penjualan.

Keywords


efektivitas, produk berlisensi, promosi, sivitas, software

Full Text:

PDF


View My Stats

 

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen

Jalan Kamper Wing 2 Level 5

Kampus IPB Dramaga

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.