MENCIPTAKAN LAYANAN PAUD YANG PRIMA MELALUI PENERAPAN PRAKTIK ACTIVITY BASED COSTING

  • Novan Ardy Wiyani IAIN Purwokerto
Keywords: kepuasan konsumen, kualitas layanan, PAUD, praktik ABC

Abstract

Masalah keterbatasan anggaran dalam memenuhi kebutuhan konsumen di lembaga PAUD dapat diatasi dengan menerapkan praktik Activity Based Costing (ABC). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan praktik ABC sebagai upaya untuk mengoptimalkan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di RA Masyithoh. RA Masyithoh dipilih dengan pertimbangan lembaga ini telah menerapkan praktik ABC dalam menciptakan layanan PAUD yang prima. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan ada lima langkah yang dilakukan dalam menciptakan layanan PAUD yang prima melalui praktik ABC. Pertama, mengidentifikasikan, mendefinisikan, serta mengelompokkan aktivitas. Kedua, melakukan penelusuran secara langsung terhadap aktivitas dan objek biaya. Ketiga, membebankan biaya ke kelompok biaya aktivitas. Keempat, menghitung tarif aktivitas. Kelima, menyusunan laporan. Kelima langkah tersebut mampu menciptakan layanan prima dan meningkatkan kepuasan konsumen dengan indikasi terjadi peningkatan jumlah siswa di setiap tahunnya, anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan PAUD dapat terpenuhi, dan secara kelembagaan RA Masyithoh mengalami perkembangan dengan didirikannya Taman Penitipan Anak dan Kelompok Bermain.

Author Biography

Novan Ardy Wiyani, IAIN Purwokerto

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Purwokerto, Terakreditasi B

References

Adil, A. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan biaya terhadap kepuasan dan loyalitas pasien RSUD Kota Bogor. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(3), 432–441. doi:https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.3.04

Adiyanto. (2019, Juli 21). RA berdaya saing di Cilacap [Recorder].

Aguswara, W. W., & Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru pendidikan anak usia dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369–385. doi:https://doi.org/10.21009/JPUD.112.14

Aisyiyah, N., Hartoyo, H., & Krisnatuti, D. (2019). Analisis perilaku komplain konsumen online shopping. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 12(3), 248–259. doi:https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.3.248

Cheng, B. L. (2014). Service quality and the mediating effect of corporate image on the relationship between customer satisfaction and customer loyalty in the Malaysian Hotel Industry. Gadjah Mada International Journal of Business, 15(2), 99. doi:https://doi.org/10.22146/gamaijb.5474

Hariandja, E. S., Simatupang, T. M., Nasution, R. A., & Larso, D. (2014). Dynamic marketing and service innovation for service excellence. Gadjah Mada International Journal of Business, 16(2), 143. doi:https://doi.org/10.22146/gamaijb.5461

Kulathunga, D., & Perera, W. L. M. V. (2015). Impact of self service technology quality on customer satisfaction: A case of retail banks in Western Province in Sri Lanka. Gadjah Mada International Journal of Business, 17(1), 1. doi:https://doi.org/10.22146/gamaijb.6147

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung, ID: Rosda.

Machali, I. (2019). Managing quality of learning in islamic schools: An analysis of contributing factors for learning toward quality improvement in private islamic senior high schools in Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 317–335. doi:https://doi.org/10.14421/jpi.2018.72.317-335

Makruf, I. (2017). Leadership model in integrated islamic educational institutions. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 331. doi:https://doi.org/10.14421/jpi.2017.62.331-348

Maryani. (2019, Agustus). Masalah dan tantangan penyelenggaraan RA di Kabupaten Cilacap [Recorder].

Maryani. (2019a). Rencana anggaran belanja RA Masyithoh Mertasinga Cilacap. RA Masyithoh Mertasinga Cilacap.

Maryani. (2019b). Buku induk siswa. RA Masyithoh Mertasinga Cilacap.

Maryani. (2019, September 3). Implementasi Activity Based Costing (ABC) di RA Masyithoh Mertasinga Cilacap [Recorder].

Miswanto, M., & Angelia, Y. R. (2017). The influence of service quality and store atmosphere on customer satisfaction. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 19(2), 106–111. doi:https://doi.org/10.9744/jmk.19.2.106-111

Muhtifah, L., & Muskania, R. T. (2019). The design on quality system model of FTIK IAIN Pontianak in SNPT 2015 and QMS ISO 9001:2015. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 383–404. doi:https://doi.org/10.14421 /jpi.2018.72.383-404

Mukti, Y., & Hendrawan, D. (2018). Early education matter: The power of child-parent attachment quality in predicting child’s executive function. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(1), 74–83. doi:https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.1.74

Mulyasa. (2017). Strategi pembelajaran PAUD. Bandung, ID: Rosda.

Mulyasana, D. (2015). Pendidikan bermutu dan berdaya saing. Bandung, ID: Rosda.

Murillo, O., Pimenta, A. B., Hilletofth, M. L. P., & Reitsma, E. (2019). Achieving market orientation through cross-functional integration. Operations and Supply Chain Management: An International Journal, 175–185. doi:https://doi.org/10.31387/ oscm0380241

Fattah, N. (2016). Standar pembiayaan pendidikan. Bandung, ID: Rosda.

Fattah, N. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan: Berbasis aktivitas pembelajaran. Bandung, ID: Rosda.

Fattah, N., & Gautama, B. P. (2017). Penerapan biaya pendidikan berbasis activity-based costing dalam meningkatkan mutu pendidikan di perguruan tinggi: Studi kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. 2(1), 19–32. doi:https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i1.6020

Oji, F. (2015). Desain model manajemen pemasaran berbasis layanan jasa pendidikan pada MTs Swasta Se-Kota Semarang. Nadwa, 9(1), 69. doi:https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.1.522

Pardede, E. N., Supena, A., & Fahrurrozi, F. (2018). Hubungan kelekatan orang tua dan regulasi diri dengan kemampuan sosial anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 37–50. doi:https://doi.org/10.21009// JPUD.121.04

Ramdhani, H. S., Daryanto, A., & Rifin, A. (2015). Kepuasan sebagai variabel antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi nilai terhadap loyalitas konsumen pada restoran baru. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 8(2), 115–124. doi:https://doi.org/10.24156/jikk.2015.8.2.115

Rangkuti, F. (2017). Customer care excellence: Meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima. Jakarta, ID: Gramedia.

Risaldy, S. (2014). Manajemen pengelolaan sekolah anak usia dini. Jakarta, ID: Luxima.

Riyadi, S., Hermawan, A., & Sumarwan, U. (2015). Kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kantor pertanahan Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 8(1), 49–58. doi:https://doi.org/10.24156/jikk.2015.8.1.49

Sharma, A., & Nandi, S. (2018). A review of behavioral decision making in the newsvendor problem. Operations and Supply Chain Management: An International Journal, 200–2013. doi:https://doi.org/10.31387/oscm0350214

Simangunsong, E. (2019). Factors determining the quality management of higher education: A case study at a business school in indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 215–227. doi:https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.19685

Soeharto. (2012). Pencapaian standar nasional pendidikan di sekolah menengah kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1. doi:https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1464

Sugiyono. (2010). Metode penelitan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jakarta, ID: Alfabeta.

Sukaningtyas, D. (2017). Pengembangan kapasitas manajemen sekolah dalam membangun pemahaman visi dan misi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). doi:https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.11844

Sukendar, A., Usman, H., & Jabar, C. S. A. (2019). Teaching, loving, caring (asah-asih-asuh) and semi-military education on character education management. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 292–304. doi:https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24452

Sulastri. (2019, September 11). Pelaporan kegiatan RA Masyihoh Mertasinga Cilacap [Recorder].

Supriyanto, A. (2015). Implementasi total quality management dalam sistem manajemen mutu pembelajaran di institusi pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). doi:https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4188

Wandani, D., & Simanjuntak, M. (2019). Kepribadian, motivasi, dan perilaku komplain berdasarkan suku. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 12(3), 236–247. doi:https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.3.236

Wilson, N., Keni, K., & Tan, P. H. P. (2019). The effect of website design quality and service quality toward repurchase intention in the e-commerce industry: A cross-continental analysis. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(2), 187. doi:https://doi.org/10.22146/gamaijb.33665

Yuniawan, A. (2011). Evaluasi orientasi layanan sebagai bagian dari budaya organisasi dan efeknya terhadap kinerja organisasi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 46–60. doi:https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.46-60

Zainuddin, S., & Isa, C. R. (2019). Workplace fairness, information sharing and employee performance in a budget setting: An empirical study. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(2), 135. doi:https://doi.org/10.22146/gamaijb.31133

Published
2020-05-01
How to Cite
Wiyani, N. A. (2020). MENCIPTAKAN LAYANAN PAUD YANG PRIMA MELALUI PENERAPAN PRAKTIK ACTIVITY BASED COSTING. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(2), 175-186. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.175