ANALISIS KINERJA EKSPOR ELEKTRONIKA INDONESIA KE AMERIKA LATIN

Fathya Nirmala Hanoum, Sri Mulatsih

Abstract

Integrasi perdagangan internasional seperti FEALAC (Forum for East Asia-Latin America Cooperation) dan SSEC (South-South Economic Cooperation) merupakan peluang bagi Indonesia untuk masuk ke pasar kawasan Amerika Latin, salah satunya ekspor elektronika. Elektronika merupakan sepuluh komoditi unggulan ekspor Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis daya saing ekspor elektronika Indonesia, mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekspor elektronika ke Amerika Latin dan dinamika pasar ekspor elektronika Indonesia ke Amerika Latin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari ITC, WITS, CEPII, World Bank, dan UNCTAD. Metode analisis menggunakan RCA dan Porter’s Diamond untuk mengetahui daya saing, gravity model untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor, dan EPD untuk memberikan gambaran dinamika ekspor elektronika Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditi elektroniia Indonesia memiliki daya saing komparatif yang ditunjukkan dengan nilai RCA lebih dari satu. Analisis Porter’s Diamond menunjukkan bahwa daya saing kompetitif elektronika Indonesia masih lemah. Hasil estimasi EPD elektronika Indonesia rata-rata menunjukkan pangsa pasar dan permintaan ekspor komoditi elektronika yang bertumbuh. Hasil estimasi gravity model menunjukkan bahwa variabel yang signifikan adalah GDP perkapita Indonesia, jarak ekonomi, harga ekspor, GDP perkapita negara tujuan, dan populasi, sedangkan variabel REER (Real Effective Exchange Rate) tidak berpengaruh.


Kata kunci: Elektronika, EPD, Gravity model, Porter diamond, RCA

References

Amelia F. 2009. Posisi Daya Saing Jahe Indonesia di Pasar Internasional. Skripsi. IPB. Bogor.

Basri F, Munandar H, 2010. Dasardasar ekonomi Internasional: Pengenalan dan Aplikasi Metode Kuantitatif. Kencana. Jakarta.

Bergstrand J. 1985. Gravity Equation and Economic Friction in World Economic. United Nation.

[BPS] Badan Pusat Statistik. http://bps.go.id [2016 Februari]

[CEPII] Centre d’Etudes Prospectives et d’Informations Internationales. Geodesic Distances. http://www.cepii.fr/distance/dist_c epii.zip [2016 Februari].

Chintia S 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Ekspor TPT Indonesia di Uni Eropa. Skripsi. IPB. Bogor.

Dilanchiev A. 2012. Empirical Analysis of Georgian Trade Pattern: Gravity Model. Journal Social Science 1(1): 75-78

Eita JH, Jordan AT. 2007. South Africa Export of Metal and Article of Base metal: Gravity model Approach. Journal for studies in Economics and Econometrics 31(3): 81-96

[ITC] International Trade Center. http://www.trademap.org/Bilateral _TS.aspx [28 Januari 2016]

Lipsey R, G Courant, CTS 1993. Pengantar Makroekonomi Eds 10. Jilid 2. Terjemahan. Binarupa Aksara. Jakarta.

Mankiw NG. 2007. Makroekonomi, Edisi 6. Fitria L, Imam N, penerjemah. Jakarta(ID): Penerbit Erlangga. Terjemahan dari: Macroeconomics 6 th Edition.

Porter M. 1990. The Competitive Advantage of Nation. Harvard Business Review. [USA]

Shepherd B. 2013. The Gravity Model of International Trade: A User Guide. United Nations .

Salvatore D. 1997. Ekonomi Internasional. Haris M, penerjemah. Jakarta(ID): Penerbit Erlangga. Terjemahan dari: International Economic.

Utami LC. 2008. Variabel-Variabel Determinan Ekspor ASEAN: Studi Kasus Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina Tahun 1990- 2006. Skripsi. Depok (ID): Universitas Indonesia.

Tanujaya IS 2012. Analisis Dayasaing Produk Perkebunan Terpilih Indonesia di Beberapa Negara Amerika Latin. Skripsi. IPB. Bogor.

Authors

Fathya Nirmala Hanoum
thyafathya@gmail.com (Primary Contact)
Sri Mulatsih
HanoumF. N., & MulatsihS. (2016). ANALISIS KINERJA EKSPOR ELEKTRONIKA INDONESIA KE AMERIKA LATIN. JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN, 5(1), 90-102. https://doi.org/10.29244/jekp.5.1.2016.90-102

Article Details